Ini Perbedaan Haji Dakhili dan Furoda, Termasuk Biayanya

Hajinews.co.id — Perbedan haji dakhili dan furoda sangat menarik diketahui kaum Muslimin. Haji dakhili dan haji furoda adalah dua jenis program haji yang tidak perlu menunggu antrean panjang untuk beribadah di Tanah Suci. Kedua program haji ini pun menyediakan fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan program haji reguler.

Lantas, apa saja perbedaan haji dakhili dan furoda? Berikut ini penjelasannya sebagaiman adilansir dari okezone:

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Haji dakhili merupakan haji resmi yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi bagi warga lokal Arab Saudi maupun negara lain. Haji ini diperuntukan bagi mereka yang tinggal di Arab Saudi, baik menetap maupun tidak tetap, yang ingin melakukan ibadah haji.

Sementara haji furoda merupakan program haji yang dikelola Pemerintah Arab Saudi tanpa menggunakan kuota haji Indonesia. Program ini dilakukan oleh agen swasta yang bekerja sama dengan Pemerintah Arab Saudi melalui jalur eksklusif.

Visa dan Kuota

Jamaah haji dakhili menggunakan visa pekerja dari Pemerintah Arab Saudi yang kemudian ditingkatkan menjadi surat izin tinggal terbatas.

Dengan ini, jamaah mendapatkan status sebagai warga negara Arab Saudi tidak tetap sehingga dapat melaksanakan haji berdasarkan kuota domestik warga Saudi dan tidak terikat kuota haji Indonesia.

Sementara jamaah haji furoda umumnya menggunakan visa mujamalah atau visa khusus undangan. Visa ini juga tidak terikat dengan kuota haji Indonesia.

sumber: Okezone

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *