Unik! Masjid di Jerman Punya Tempat Belanja hingga Perpustakaan

Unik! Masjid di Jerman Punya Tempat Belanja hingga Perpustakaan (foto ist)

Hajinews.co.id — Jika biasanya masjid digunakan sebagai tempat ibadah atau belajar saja. Namun, di negara Jerman ini ada salah satu masjid yang unik.

Masjid itu bernama Cologne Central Mosque. Salah satu yang membuatnya unik adalah adanya tempat belanja, galeri, hingga perpustakaan di dalam kompleks masjid.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dilansir dari Cologne-Tourism, Senin (26/8/2024), Cologne Central Mosque memiliki ruang salat seluas 2.000 meter persegi (m2) yang dapat menampung 1.200 jamaah. Hal itu membuatnya menjadi masjid utama di Cologne-Ehrenfeld dan menjadi salah satu tempat ibadah Islam terbesar di Eropa.

Proses perencanaan dan pembangunannya cukup memakan banyak waktu. Masjid ini membutuhkan waktu 10 tahun pembangunan yang akhirnya dibuka pada 2017 dan diresmikan pada 2018 lalu.

Bangunan setinggi 30 meter dengan dua minaret setinggi 55 meter ini dibangun dengan biaya sekitar 30 juta Euro atau sekitar Rp 516,8 miliar (kurs Rp 17.227). Hasil akhirnya merupakan karya arsitektur unik yang terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi sesuai aturan yang berlaku.

Kawasan masjid ini memiliki luas 8.000 m2 dan terdapat berbagai macam fasilitas di sekitarnya. Di kompleks Cologne Central Mosque ini terdapat area komersial seperti perbelanjaan, aula konferensi, perpustakaan, halaman dalam, hingga galeri yang terbuat dari kayu ek.

Dilansir dari Goethe Institut Indonesia, arsitektur Cologne Central Mosque menggunakan konsep Turki-Utsmani yang menampilkan dinding-dinding dengan banyak bukaan dan jendela yang membuat orang di dalam masjid dapat melihat ke luar bangunan, begitu juga sebaliknya. Dengan begitu, diharapkan hal itu dipahami sebagai isyarat mengenai keinginan untuk menjalin komunikasi terbuka dengan para pemeluk agama lain.

Kepala Proyek masjid tersebut, Selim Mercan, ingin memadukan elemen oriental dengan Islam modern yang sesuai dengan kota kosmopolitan Cologne. Ornamen langit-langit bundar dengan tulisan Arab di daun emas didedikasikan untuk tokoh-tokoh seperti Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Nuh AS, dan Nabi Isa AS yang penting bagi umat Muslim, Kristiani, dan Yahudi.

“Ini simbol yang sangat indah,” katanya, dikutip dari Goethe Institut Indonesia.

Masjid yang unik ini merupakan rancangan dari sederet arsitek dan desainer interior ternama. Bangunan utama masjid didesain oleh arsitek Paul Böhm. Untuk desain interiornya dirancang oleh arsitek Semih İrteş dan ahli kaligrafi Hüseyin Kutlu.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *