10 Menu Sarapan Rendah Kalori Yang Cocok Untuk Diet

Menu Sarapan Rendah Kalori
ubi jalar panggang

Hajinews.co.idObesitas merupakan masalah kesehatan yang banyak diderita oleh banyak orang. Obesitas juga mempunyai berbagai dampak negatif terhadap penampilan dan kesehatan seseorang.

Salah satu cara untuk menghilangkan berat badan berlebih adalah dengan pola makan. Pola makan bisa dilakukan dalam berbagai bentuk tergantung kondisi tubuh, misalnya: puasa intermiten, diet vegetarian, diet ketogenik, dll.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dalam semua diet praktis, tujuan utamanya adalah mengurangi asupan kalori harian tubuh. Oleh karena itu, selama menjalani diet, seseorang sebaiknya mengurangi jumlah kalori hariannya.

Kebutuhan kalori normal pada wanita lanjut usia adalah sekitar 1.600 hingga 2.400 kalori per hari dan pada pria lanjut usia 2.200 hingga 3.200 kalori per hari. Oleh karena itu, jika ingin diet, Anda perlu mengurangi jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Namun, sebagian besar pelaku diet percaya bahwa makan lebih sedikit, misalnya. Misalnya makan satu atau dua kali sehari dan melewatkan sarapan akan mempercepat proses penurunan berat badan. Namun gagasan ini salah.

Dalam website Fakultas Keperawatan Universitas Airlanga disebutkan bahwa sarapan merupakan salah satu proses nutrisi yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan saat melakukan diet. Sebab, jika seseorang sarapan pada waktu yang tepat, justru bisa membantu menurunkan berat badannya karena porsi makan saat makan siang berkurang karena sudah sarapan.

Lantas, menu sarapan apa saja yang cocok untuk diet? Nah, berikut 11 menu sarapan rendah kalori dan ramah diet yang dirangkum dari laman Kementerian Kesehatan, Universitas Daerah Medan, dan Healthline.

10 Menu Sarapan Pagi Rendah Kalori

  1. Smoothies (162 Kalori)

Smoothies merupakan minuman yang berisikan campuran buah, sayur, dan biji-bijian. Smoothies ini merupakan salah satu menu sarapan yang rendah kalori dan mengenyangkan sekaligus bergizi karena di dalamnya terdapat campuran buah, sayur, dan biji-bijian.

  1. Ubi Jalar Panggang (142 Kalori)

Menu sarapan pagi rendah kalori selanjutnya adalah ubi jalar panggang. Makanan ini banyak ditemukan di Indonesia dan dapat diolah dengan cara mudah, yaitu hanya dengan memanggangnya menggunakan oven atau microwave. Makanan ini memiliki kandungan karbohidrat dan vitamin yang tinggi sehingga sangat cocok untuk digunakan sarapan dan bisa mengenyangkan perut lebih lama

  1. Gado-Gado (312 Kalori)

Bagi detikers yang tidak memiliki waktu untuk memasak di rumah dan bingung sarapan menggunakan makanan apa? gado-gado adalah jawabannya. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang banyak ditemukan di pinggir jalan saat pagi hari. Makanan ini memiliki isian lontong, sayur rebus seperti kangkung, tauge, mentimun, dan selada sehingga cocok digunakan sebagai menu sarapan karena mengenyangkan dan memiliki kandungan gizi banyak dari sayurnya.

  1. Oatmeal (150 Kalori)

Oatmeal merupakan salah satu menu makanan yang mudah dibuat karena makanan ini sudah memiliki versi instan dan cukup dituang dengan air mendidih atau direbus saja makanan ini pun sudah siap disajikan. Oatmeal merupakan makanan yang cocok dimakan saat sarapan karena memiliki kandungan kalori yang rendah serta bisa mengenyangkan perut lebih lama

  1. Pisang (100 Kalori)

Menu sarapan selanjutnya adalah pisang. Pisang merupakan buah yang banyak ditemukan di Indonesia dan cocok disantap saat sarapan. Makanan ini sangat pas dikonsumsi waktu sarapan karena tinggi serat dan rendah kalori sehingga pas untuk dimakan waktu sarapan.

  1. Greek Yogurt (70 Kalori)

Greek Yogurt atau yang dikenal dengan Yogurt Yunani merupakan produk olahan susu yang mengandung protein tinggi dan membantu menurunkan berat badan. Makanan ini pun sangat cocok untuk dikonsumsi ketika sarapan.

  1. Telur Rebus (77 Kalor)

Telur rebus merupakan salah satu menu sarapan pagi yang mengandung protein tinggi dan mengurangi nafsu makan sehingga membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, menu ini sangat cocok untuk dikonsumsi ketika sarapan.

  1. Sayuran Cruciferous (55 Kalori)

Menu sarapan selanjutnya adalah sayuran cruciferous. Sayuran ini terdiri dari brokoli, kembang kol, brussel sprout, hingga pakcoy. Karena dipenuhi dengan serat yang bisa membantu proses menurunkan berat badan makanan ini sangat cocok dijadikan makanan sarapan.

  1. Buah Beri (33 Kalori)

Buah beri merupakan buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Tak hanya itu, buah beri merupakan buah yang mengandung serat yang tinggi sehingga membuat perut kenyang lebih lama dan cocok digunakan sebagai menu sarapan.

  1. Jeruk Bali Merah (42 Kalori)

Jeruk Bali Merah merupakan buah yang memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Maka dari itu, buah ini sangat cocok digunakan untuk menu sarapan karena bisa menurunkan berat badan.

Nah itulah 10 menu sarapan rendah kalori yang bisa dimakan ketika sarapan. Semoga bermanfaat ya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *