Ternyata Inilah Minuman Nomor 1 Yang Membuat Orang Jepang Bisa Panjang Umur

Minuman Nomor 1 Orang Jepang
matcha

Hajinews.co.idJepang merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk hidup berumur panjang. Faktanya, penduduk Negeri Sakura mempunyai rata-rata harapan hidup tertinggi di dunia.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2019 menunjukkan rata-rata angka harapan hidup di dunia adalah 73,3 tahun. Saat ini, rata-rata harapan hidup masyarakat Jepang adalah 84,3 tahun.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Bahkan penduduk Okinawa, salah satu kawasan “Zona Biru”, bisa hidup hingga usia 100 tahun atau lebih. Salah satu rahasia umur panjang orang Jepang adalah pola makan sehat yang diikuti setiap hari.

Ahli gizi Jepang Michiko Tomioka mengatakan masyarakat di negaranya sangat suka mengonsumsi ikan, rumput laut, kedelai, sayuran hijau, dan buah-buahan.

Orang Jepang juga gemar mengonsumsi matcha. Tomioka mengatakan matcha merupakan salah satu minuman yang membuat orang Jepang hidup lebih lama.

Seperti apa sih khasiat matcha? Dikutip dari CNBC Make It, berikut penjelasannya:

Manfaat Matcha untuk Kesehatan

Tomioka menjelaskan matcha mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti vitamin A, C, K, serat, protein, dan asam amino l-theanine. Menurut penelitian, l-theanine terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan fungsi kognitif.

Matcha juga mengandung polifenol seperti epigallocatechin gallate (EGCG). Senyawa ini dapat membantu melawan penyakit dan peradangan yang menyerang tubuh.

“Sejumlah studi juga menunjukkan matcha dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kesehatan pencernaan,” imbuh Tomioka.

Cara Membuat Matcha untuk Konsumsi Sehari-hari

Kabar baiknya, minuman ini ternyata mudah untuk dibuat. Matcha bisa dikonsumsi di pagi hari untuk menambah energi dan menenangkan pikiran sebelum mulai beraktivitas.

Berikut cara membuat matcha untuk konsumsi sehari-hari yang dibagikan Tomioka:

Bersihkan wadah dan alat pengaduk teh menggunakan air panas, lalu keringkan dengan kair bersih atau tisu

Masukkan 2 gram matcha ke dalam mangkuk

Tuangkan 60 mililiter air panas secara perlahan ke dalam mangkuk

Aduk selama sekitar 20 detik hingga bubuk matcha larut dalam air

Tomioka juga menyarankan untuk menikmati aroma matcha sebelum minum guna memperoleh efek menenangkan dari minuman tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *