Arab Saudi Keluarkan Peringatan Badai Petir, Makkah-Madinah Diprediksi Bakal Hujan Lebat

Makkah-Madinah Diprediksi Bakal Hujan Lebat
Makkah-Madinah Diprediksi Bakal Hujan Lebat

Hajinews.co.idArab Saudi akhir-akhir ini mengalami kondisi cuaca ekstrem. Dirjen Pertahanan Sipil telah memperingatkan kemungkinan terjadinya badai petir di beberapa wilayah dalam beberapa hari mendatang.

Berdasarkan pemberitaan kantor berita SPA, Sabtu (31/8/2024), badai petir terjadi sejak Jumat lalu dan akan berlanjut hingga Selasa depan (3 September 2024).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Wilayah Makkah diperkirakan akan terkena dampak curah hujan sedang hingga lebat, yang dapat menyebabkan banjir, hujan es, dan angin kencang. Sementara itu, hujan ringan hingga sedang serta angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah Riyadh.

Hujan sedang hingga lebat kemungkinan melanda wilayah Madinah, Al-Baha, Aseer, Jazan, dan Najran, sementara wilayah Hail, Qassim, dan wilayah Timur diperkirakan akan mengalami hujan ringan.

Direktorat mengimbau seluruh warga dan penduduk berhati-hati, menghindari wilayah rawan banjir atau banjir bandang, serta mematuhi panduan dan petunjuk keselamatan yang dibagikan melalui berbagai saluran media.

Masjidil Haram Diguyur Hujan Lebat

Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi sebelumnya memperingatkan terjadinya hujan lebat di Makkah dan Provinsi Al-Jumum, termasuk pusat Rahat dan Madrakah. Hujan dapat disertai angin kencang, kurangnya jarak pandang, hujan es, hujan deras, dan badai petir. Situasi ini akan terus berlanjut hingga pukul 11 malam waktu setempat.

Hujan deras turut mengguyur area Masjidil Haram di Makkah. SPA melaporkan, Otoritas Umum untuk Perawatan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dan lembaga terkait melakukan pembersihan dan pengeringan area mataf usai hujan turun.

Lebih dari 200 pengawas, 4.000 pekerja, dan 500 peralatan dikerahkan untuk menangani hujan yang melanda pusat ibadah umrah umat Islam itu.

Sumber: detik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *