7 Penyakit Yang Bisa Dicegah Dengan Makan Alpukat

Penyakit Yang Bisa Dicegah Dengan Makan Alpukat
Alpukat

Hajinews.co.idAlpukat merupakan salah satu buah yang memiliki struktur halus dan lembut. Ini kaya nutrisi dan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan senyawa yang baik.

Ia juga kaya akan lemak jenuhnya dan mengandung lebih banyak lemak dibandingkan buah-buahan lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Selain rasanya yang lezat, alpukat juga dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa.

Di bawah ini beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat dicegah dengan mengonsumsi buah alpukat:

  1. Masalah penglihatan

Dilansir dari laman Medical News Today, menambahkan alpukat ke dalam rencana makanan Anda dapat membantu mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia.

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, fitokimia yang ada di jaringan mata, ini memberikan perlindungan antioksidan untuk meminimalkan kerusakan, termasuk dari sinar UV.

Asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga mendukung penyerapan antioksidan lain yang larut dalam lemak, seperti beta karoten.

  1. Osteoporosis

Buah alpukat dapat membantu mencegah osteoporosis.Lihat gambar di aplikasi hemat data hingga 80%.

Buah alpukat dapat membantu mencegah osteoporosis.

Dalam setengah buah alpukat, menyediakan sekitar 18 persen dari nilai kebutuhan harian vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis.

Mengonsumsi vitamin K yang cukup dapat mendukung kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin.

  1. Diabetes

Alpukat tinggi lemak sehat dan sumber serat yang baik. Kandungan seratnya adalah 10 gram dalam 1 cangkir alpukat mentah, atau 6,7 gram dalam 100 gramnya.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), serat membantu mengendalikan gula darah dan mengelola berat badan.

Tubuh tidak menyerap dan memecah serat, artinya ia tidak menyebabkan lonjakan gula darah seperti yang dapat terjadi pada karbohidrat lainnya.

Diabetes adalah kondisi yang terjadi ketika kadar glukosa atau gula darah terlalu tinggi. Dan buah alpukat memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah.

  1. Masalah pencernaan

Dikutip dari laman Healthline, alpukat mengandung tinggi serat, sekitar 14 gram di setiap buahnya. Jumlah ini hampir setengah dari nilai kebutuhan harian untuk nutrisi penting.

Mendapatkan serat yang cukup dalam makanan Anda sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan karena membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat.

5. Penyakit jantung

Dalam setiap 100 gram buah alpukat terdapat 76 miligram sterol tumbuhan alami yang disebut beta sitosterol.

Mengkonsumsi beta sitosterol dan sterol tumbuhan lainnya secara teratur dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat, yang penting untuk kesehatan jantung.

Mengganti lemak jenuh, seperti yang ditemukan dalam daging, dengan lemak tak jenuh tunggal, seperti pada alpukat, adalah pilihan yang baik untuk menyehatkan jantung.

6. Jerawat dan masalah kulit

Sebuah penelitian pada 2011 menunjukkan alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan peradangan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C dan vitamin E berperan penting dalam melindungi kulit dari kerusakan oksidatif akibat matahari dan faktor lingkungan lainnya.

Selain itu, jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat, membersihkan wajah dengan minyak alpukat dapat membantu menguranginya.

Ini karena sifat antimikroba dalam minyak alpukat. Dan menggunakan minyak tersebut sebagai pembersih dapat membantu kulit Anda terasa lebih kenyal dan lembap.

7. Kolesterol tinggi

Dilansir dari laman Mayo Clinic, alpukat merupakan sumber nutrisi dan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik.

Lemak tak jenuh tersebut direkomendasikan sebagai bagian dari pola makan seimbang untuk membantu mengelola kolesterol.

Penelitian menunjukkan bahwa serat dari alpukat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan kualitas kolesterol jahat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *