Alhamdulillah! Pendaftaran CPNS Kemenag Dibuka, Lulusan Ma’had Aly Bisa Mendaftar

Pendaftaran CPNS Kemenag
Menag Yaqut Cholil Qoumas

Hajinews.co.idPendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kemenag resmi dimulai. Terdapat 20.772 formasi , 5.915 di antaranya diperuntukkan bagi lulusan Ma’had Aly.

Pendaftaran CPNS akan dimulai pada 1 hingga 14 September 2024. Hal itu diumumkan Menag Yaqut Cholil Qoumas pada Sabtu (31 Agustus 2024).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Kami berkomitmen memberikan akses santri Ma’had Aly untuk bisa ikut seleksi CPNS Kemenag. Ini adalah kali pertama dilakukan,” ujar Menag Yaqut dalam keterangan persnya.

“Tidak tanggung-tanggung kita siapkan 5.915 formasi. Ini lebih 25% dari total formasi CPNS Kemenag tahun ini,” lanjut Gus Men, sapaan akrab Menag.

Selain lulusan Ma’had Aly, Kemenag juga memberikan akses bagi penyandang disabilitas, putra/putri Papua, dan putra/putri Kalimantan untuk ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Selain itu, tersedia pula formasi khusus bagi lulusan terbaik atau cumlaude.

“Seleksi CPNS ini kita desain untuk Kemenag yang ramah disabilitas dan mendukung kemajuan IKN,” imbuh Yauqt.

Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani merinci formasi yang disiapkan untuk lulusan Ma’had Aly, yaitu 3.714 formasi untuk Penghulu, 1.398 formasi untuk Penyuluh Agama Islam, 12 formasi untuk Guru Ilmu Tafsir, 686 formasi untuk Pengawas Jaminan Produk Halal (PJPH), 71 formasi untuk Pentasih Al-Qur’an, dan 34 formasi untuk Pengembang Tafsir Al-Qur’an.

“Kita juga siapkan 418 formasi disabilitas, 559 formasi untuk putra dan putri Papua, 1.040 formasi bagi putra dan putri Kalimantan, serta 138 formasi bagi lulusan terbaik atau Cumlaude,” papar Ali Ramdhani.

“Peserta yang berminat dapat mendaftar secara online dengan membuat akun melalui laman https://sscasn.bkn.go.id,,” sambungnya.

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Wawan Djunedi menambahkan, formasi untuk Lulusan Terbaik diperuntukkan bagi pelamar yang merupakan lulusan berpredikat “dengan pujian” atau cumlaude dengan jenjang pendidikan paling rendah Sarjana (S-1). Tidak termasuk Diploma Empat (D-IV), dari perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi A/Unggul dan Program Studi yang terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan.

“Formasi ini diperuntukkan juga bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara “dengan pujian”/cumlaude dari kementerian terkait,” terang Wawan.

“Untuk formasi penyandang disabilitas, disiapkan dengan ketentuan pelamar berkebutuhan khusus yang mengalami keterbatasan fisik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya. Disertakan juga video singkat yang menunjukan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar,” bebernya.

Formasi untuk Putra/Putri Papua mensyaratkan bahwa pelamar merupakan keturunan Papua dari garis keturunan Bapak dan/atau Ibu asli Papua. Hal ini harus dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir serta surat keterangan dari Kepala Desa atau Kepala Suku.

Untuk formasi Putra/Putri Kalimantan, pelamar harus memenuhi ketentuan bahwa mereka akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara. Hal ini harus dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk yang menunjukkan alamat di Kabupaten/Kota Kalimantan pada saat pembuatan akun di SSCASN.

“Usia pelamar seleksi CPNS Kemenang paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar. Khusus untuk formasi Dosen dengan kualifikasi pendidikan Strata Tiga (S-3/Doktor) usia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun pada saat melamar,” tegas Wawan.

Jadwal Seleksi CPNS Kemenag 2024

Berikut adalah beberapa tanggal penting dalam tahapan seleksi CPNS Kemenag 2024:

  1. Pengumuman, 31 Agustus – 14 September 2024
  2. Pendaftaran, 1 – 14 September 2024
  3. ⁠Seleksi Administrasi, 1 – 16 September 2024
  4. ⁠Pengumuman hasil seleksi administrasi, 17 September 2024
  5. Pelaksanaan SKD CPNS, 16 Oktober – 14 November 2024
  6. ⁠Pengumuman hasil SKD CPNS, 17 – 19 November 2024
  7. ⁠Pelaksanaan SKB CPNS Non CAT, 12 November – 17 Desember 2024
  8. ⁠Pelaksanaan SKB CPNS dengan CAT, 9- 20 Desember 2024
  9. ⁠Pengumuman Hasil CPNS, 5 – 12 Januari 2025
  10. ⁠Pengisian DRH NIP CPNS, 23 Januari – 21 Februari 2025
  11. ⁠Usul Penetapan NIP CPNS, 22 Februari – 23 Maret 2025

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *