Hikmah Malam: Amalan Doa Yang Dibaca Pada Saat Puasa Senin Kamis

Amalan Doa Yang Dibaca Pada Saat Puasa Senin Kamis
Puasa Senin Kamis

Hajinews.co.id – Puasa pada hari Senin dan Kamis merupakan sunnah yang dapat dilakukan secara rutin oleh setiap umat Islam. Sembari berpuasa, panjatkan juga beberapa doa yang bermanfaat untuk kebaikan.

Puasa Senin Kamis merupakan sunnah yang dilakukan Rasulullah SAW semasa hidupnya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Amal perbuatan manusia akan diperlihatkan pada setiap hari Senin dan Kamis. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku sedang berpuasa.” (HR Tirmidzi).

Amalan Doa saat Puasa Senin Kamis

Merangkum buku Super Jenius Dengan Mukjizat Puasa Senin Kamis oleh Rizem Aizid, berikut beberapa amalan doa yang bisa dibaca saat puasa Senin Kamis:

  1. Membaca Doa Memohon Perlindungan

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Arab Latin: Laa ilaaha ilaa anta subhaanaka innii kuntu munazh zhaalimiin

Artinya: “Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang dzalim.” (QS. Al-Anbiya ayat 87).

Doa ini dapat dibaca sebanyak 21 kali sehabis makan sahur dan berbuka puasa. Doa ini berisi harapan agar senantiasa diberikan perlindungan oleh Allah SWT dari segala mara bahaya dan kesulitan hidup.

  1. Doa Memohon Ilmu Bermanfaat dan Rezeki Halal

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Latin: Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutaqabbalan

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima.”

Doa ini dapat dibaca sebanyak 313 kali setelah mengerjakan salat fardhu. Doa ini berisi permohonan agar diberikan ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan juga kesehatan.

  1. Doa agar Dijauhkan dari Mati Su’ul Khatimah

Doa ini diambil dari surat Ali Imran ayat 193,

رَّبَّنَآ إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِى لِلْإِيمَٰنِ أَنْ ءَامِنُوا۟ بِرَبِّكُمْ فَـَٔامَنَّا ۚ رَبَّنَا فَٱغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّـَٔاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ ٱلْأَبْرَارِ

Arab latin: Rabbanā innanā sami’nā munādiyay yunādī lil-īmāni an āminụ birabbikum fa āmannā rabbanā fagfir lanā żunụbanā wa kaffir ‘annā sayyi`ātinā wa tawaffanā ma’al-abrār

Artinya: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu,” maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti.”

  1. Doa Memohon Rezeki

Doa ini sebagaimana termaktub dalam surat Al Maidah ayat 114,

اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Bacaan latin: Allaahumma rabbanaa anzil ‘alainaa maa’idatam minas samaa’i takunu lana ‘iidal li’awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatam mingka warzuqnaa wa anta khairur raaziqiin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki dan Engkaulah sebaik-baiknya pemberi rezeki.”

  1. Doa Memohon Diberikan Keimanan

Doa ini sebagaimana tercatat dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 193-194

رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ رَبَّنَا وَآتِنَا مَا وَعَدْتَنَا عَلَى رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيعَاد

Bacaan latin: Rabbanā innanā sami’nā munādiyay yunādī lil-īmāni an āminū birabbikum fa āmannā, rabbanā fagfir lanā żunūbanā wa kaffir ‘annā sayyi’ātinā wa tawaffanā ma’al-abrār. Rabbanā wa ātinā mā wa’attanā ‘alā rusulika wa lā tukhzinā yaumal-qiyāmah(ti), innaka lā tukhliful-mī’ād

Artinya: “Ya Rabb kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu): ‘Berimanlah kalian kepada Rabb kalian, maka kami pun beriman. Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuslah kesalahan-kesalahan kami, serta wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti (shalih). Ya Rabb kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui Rasul-Mu. Dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat kelak. Sesungguhnya Engkau tidak pernah menyalahi janji.”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *