10 Manfaat Daun Mangga Bagi Kesehatan dan Cara Mengkonsumsinya

Manfaat Daun Mangga Bagi Kesehatan
Daun Mangga

Hajinews.co.idPohon mangga tidak hanya menghasilkan buah mangga lezat yang kaya akan vitamin. Ternyata daun mangga juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Simak 10 manfaat daun mangga untuk kesehatan, mulai dari manfaat antioksidan hingga pencegahan obesitas dan menyehatkan kulit. Pelajari juga cara mengonsumsi daun mangga di artikel ini.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Manfaat Daun Mangga Buat Kesehatan

Dirangkum dari situs Healthline dan MedicineNet, berikut ini 10 manfaat daun mangga buat kesehatan:

  1. Kaya Senyawa Bermanfaat

Daun mangga mengandung sejumlah senyawa tanaman yang bermanfaat, antara lain polifenol dan terpenoid. Polifenol memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, sedangkan terpenoid adalah antioksidan yang melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang berbahaya. Daun mangga juga merupakan sumber mineral seperti nitrogen, fosfor, kalium, zat besi, natrium, kalsium, magnesium, dan vitamin A, B, E, dan C.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidannya membuat daun mangga bisa menangkal radikal bebas selama proses metabolisme, sehingga mencegah penyakit degeneratif seperti sindrom imunodefisiensi, penyakit iskemik, dan gangguan neurologis.

Daun mangga juga mengandung fenolat dan flavonoid-antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek buruk radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

  1. Menangani Peradangan

Manfaat daun mangga selanjutnya adalah menangani peradangan lewat kandungan anti-inflamasinya. Peradangan kronis dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit termasuk penyakit Alzheimer atau Parkinson.

Efek anti-inflamasi pada daun mangga dianggap mampu membantu menangkal biomarker oksidatif dan inflamasi yang diinduksi secara artifisial di otak.

  1. Membantu Melawan Diabetes

Daun mangga mengandung fitokimia dan tanin yang disebut antosianidin. Kandungan ini dapat membantu menangani kadar gula darah yang tinggi. Daun mangga juga mengandung 3beta-taraxerol dan ekstrak etil asetat yang bersinergi dengan insulin.

Dalam sebuah penelitian pada tikus dengan diabetes, ekstrak daun mangga dibandingkan dengan obat diabetes oral glibenklamid. Tikus yang diberi ekstrak daun mangga memiliki kadar gula darah yang lebih rendah secara signifikan dibandingkan yang diberi glibenklamid.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Daun mangga sudah dipercaya sejak lama untuk membantu penanganan sakit maag dan masalah pencernaan lainnya. Sebuah penelitian pada hewan pengerat menemukan bahwa pemberian ekstrak daun mangga secara oral mengurangi jumlah lesi pada lambung. Namun, hal ini masih membutuhkan banyak penelitian pada manusia.

  1. Mungkin Memiliki Sifat Anti-Kanker

Polifenol dalam daun mangga, termasuk gallotannin, asam fenolat, quercetin, dan mangiferin memberikan efek kemopreventif terhadap berbagai jenis kanker karena sifat antiinflamasi dan antioksidannya.

Selain itu, kulit mangga juga menunjukkan potensi antikanker yang kuat karena lignan, yang merupakan jenis polifenol lainnya. Namun daun mangga masih belum bisa dikatakan sebagai obat kanker.

  1. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Ekstrak daun mangga membantu mengatasi obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik dengan cara mengganggu metabolisme lemak. Penelitian pada hewan menunjukkan ekstrak daun mangga menghambat penumpukan lemak di dalam sel jaringan.

Dalam sebuah penelitian pada orang dewasa dengan berat badan berlebih, mereka diberi 150 mg mangiferin setiap hari. Hasilnya, kadar lemak dalam darah mereka lebih rendah.

  1. Memperkuat Pembuluh Darah

Daun mangga memiliki sifat hipotensi dan membantu memperkuat pembuluh darah, serta dapat mengobati varises.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sifat antioksidan dari daun mangga bermanfaat untuk memerangi tanda-tanda penuaan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan mempercepat penyembuhan luka. Kemudian senyawa mangiferin juga dapat membantu mengobati psoriasis (kondisi kulit yang menyebabkan bercak-bercak gatal dan kering).

  1. Bermanfaat untuk Rambut

Tidak hanya untuk kulit, manfaat daun mangga juga baik untuk rambut karena kaya akan antioksidan. Hal ini bisa membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.Namun, hal ini masih membutuhkan lebih banyak bukti ilmiah.

Cara Konsumsi Daun Mangga

Dikutip dari situs KKN Universitas Diponegoro dan JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), Vol 6, No 2, April 2022, cara mengkonsumsi daun mangga dimulai dengan pemilihan daun, kemudian mencucinya menggunakan air bersih dan mengalir.

Potong daun menjadi ukuran yang lebih kecil, lalu jemur di bawah terik matahari untuk menurunkan kadar air. Biarkan daun menjadi kering kecokelatan, lalu diolah menjadi serbuk teh kering.

Selanjutnya, daun mangga bisa diseduh bersama rempah-rempah lain, misal jahe dan kayu manis serta gula secukupnya. Selain itu, ada juga ekstrak daun mangga juga dikemas dalam bentuk bubuk, suplemen, dan sediaan lain misal salep dan bath bomb.

Demikian tadi 10 manfaat daun mangga buat kesehatan, mulai dari manfaat antioksidan, mencegah obesitas, hingga kesehatan kulit, lengkap dengan cara mengkonsumsinya. Selain mengonsumsi teh daun mangga, detikers juga harus menerapkan healthy lifestyle demi tubuh lebih sehat dan bugar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *