Alhamdulillah! 300 Jemaah Umrah Makassar 5 Hari Tertahan di Makkah, Besok Dipulangkan

Hajinews.co.id — Akibat travel menunggak pembayaran ke maskapai penerbangan, sebanyak 300 jemaah haji asal Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) telah tertahan selama 5 hari di Makkah, Arab Saudi. Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel menyebut para jemaah tersebut rencana dipulangkan ke tanah air Kamis besok.

“Mulai dari tanggal 30 Agustus masuk di hotel Montana sampai hari ini tanggal 4 September,” ujar Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sulsel Ikbal Ismail kepada detikSulsel, sebagaimana hajinews kutip, Rabu (4/9/2024).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Ikbal menuturkan, pihaknya hingga kini masih terus berkomunikasi terkait pemulangan para jemaah. Dia mengatakan para jemaah dijadwalkan untuk terbang kembali ke tanah air pada Kamis (5/9) besok.

“Karena ada yang belum terbayar ke Citylink makanya pihak penerbangan belum memulangkan jemaah tersebut. Tapi informasi terakhir yang kami terima insyaallah besok jadwalnya diterbangkan ke tanah air,” ujarnya.

Dia mengaku pihaknya baru mengetahui informasi adanya ratusan jemaah tertahan di Makkah sejak 2 hari lalu. Pihaknya langsung berkomunikasi dengan pihak maskapai.

“Begitu kami dengar informasi dari teman-teman travel kemudian kami komunikasi Citylink tapi dari sini katanya mereka tidak berani keluarkan statement, semuanya diambil alih pusat,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kemenag Sulsel melaporkan sebanyak 300 jemaah umrah asal Makassar tertahan di Makkah. Pihak maskapai penerbangan disebut menolak memulangkan jemaah karena travel menunggak pembayaran.

“Yang jelas itu ada yang booking seat belum bayar ke maskapai. Jemaah Makassar 300,” ujar Ikbal Ismail.

Ikbal mengungkapkan jemaah asal Makassar tersebut turut tertahan bersama jemaah lainnya dari Surabaya. Padahal, kata Iqbal, para jemaah asal Makassar tersebut telah membayar ke oknum broker seat.

“Yang booking seat di Citylink ada jemaah dari Sulsel ada jemaah dari Surabaya. Nah jemaah Sulsel itu sudah selesai semua pembayaran ke oknum broker seat, jemaah Surabaya yang belum selesaikan. Ini informasi yang saya dapat yah, tapi belum ada kepastian,” katanya.

sumber: Detik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *