Wow! Ini 10 Negara Terkaya di Dunia Berdasarkan PDB per Kapita pada Tahun 2024

Wow! Ini 10 Negara Terkaya di Dunia Berdasarkan PDB per Kapita pada Tahun 2024 (foto ist)

Hajinews.co.id — Negara- negara terkaya di dunia ini membuat tercengang, dimana produk domestik bruto atau PDB per kapita menjadi salah satu alat ukurnya. Berikut ini adalah 10 negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita, menurut perkiraan Dana Moneter Internasional (IMF).

Daftar yang muncul mungkin mengejutkan, karena berisikan beberapa negara-negara kecil.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

PDB menjadi parameter untuk menilai semua barang dan jasa yang diproduksi pada suatu negara. Lalu membagi angka tersebut dengan total jumlah penduduk suatu negara, maka Anda mendapatkan gambaran tentang seberapa kaya atau miskin penduduk suatu negara secara umum.

Namun gambaran yang jauh lebih tepat tentang kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara adalah ketika Anda juga memperhitungkan tingkat inflasi dan biaya produk dan jasa. Selain kedua faktor tersebut, bisa juga mempertimbangkan PPP atau paritas daya beli.

Cek lebih dekat 10 ekonomi teratas berdasarkan PDB per kapita pada tahun 2024:

  1. Norwegia

PDB: USD526.95 miliar

Populasi: 5,41 juta

Norwegia kembali menjadi penyedia minyak bumi teratas di wilayah Eropa Barat. Ekonomi Norwegia mulai membaik setelah dihantam selama krisis Covid-19.

Lebih lanjut, Norwegia memiliki dana kekayaan negara senilai USD1,3 triliun yang bisa dipakai untuk menangani krisis apapun secara mendesak. Angka tersebut menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

  1. Amerika Serikat

PDB: USD28,78 triliun

Populasi: 332 juta

Jika Anda bertanya-tanya tentang PDB per kapita AS pada awalnya, negara ini pasti masuk ke dalam daftar 10 ekonomi teratas berdasarkan PDB per kapita PPP. Selain menjadi entitas ekonomi yang dominan, Amerika juga didukung oleh kapasitas militernya.

  1. San Marino

PDB: USD2,03 miliar

Populasi: 33.580

San Marino adalah republik tertua di Eropa dan terkecil kelima di benua biru. Tarif pajak penghasilan sangat kecil di sini, yang berkontribusi besar pada kekayaan para warga negaranya.

Bahkan San Marino menjadi salah satu dari sedikit negara di dunia yang tidak memiliki Utang Nasional sejauh ini hingga 2023. Terkurung daratan Italia, San Marino memiliki pengaruh budaya Italia yang cukup besar dan juga merupakan salah satu negara paling indah yang mengandalkan pariwisata, dengan wisatawan dari seluruh dunia mengunjungi negara tersebut.

  1. Swiss

PDB: USD938.46 miliar

Populasi: 8,70 juta

Salah satu hotspot wisata terbesar di dunia, Swiss juga memiliki sektor keuangan yang menjadi andalan. Negara ini selanjutnya mendapat manfaat dari ekspor logam mulia, instrumen presisi, dan mesin seperti komputer dan perangkat medis.

Sekitar 74% dari PDB Swiss berasal dari sektor jasa dan 25% dari industri, dengan kurang dari satu persen dari sektor pertanian. Swiss juga memiliki tarif PPN terendah di Eropa.

  1. Uni Emirat Arab (UEA)

PDB: USD527.8 miliar

Populasi: 9,99 juta

Setelah Turki dan Arab Saudi, UEA memiliki ekonomi terbesar ketiga di Timur Tengah. UEA sangat diuntungkan dari sumber daya alamnya, tetapi tidak ada sungai permanen di negara ini.

Dari total populasi UEA, hanya 20% yang benar-benar penduduk asli, sisanya merupakan pendatang yang terpikat oleh gaji bebas pajak. Selain sektor hidrokarbonnya, pariwisata, keuangan, dan konstruksi adalah sektor yang menguntungkan di UEA.

UEA bekerja keras untuk menjadi pusat sosial dan budaya, dimana mereka sempat menggelar Dubai Expo 2020 (terjadi pada 2021-2022 karena lockdown) dan berencana menghadirkan banyak lagi pameran kelas dunia di 2025.

  1. Qatar

PDB: USD244.69 miliar

Populasi: 2.93 juta

Qatar (dan juga UEA) berada dalam daftar 10 ekonomi teratas berdasarkan PDB per kapita untuk tahun 2024 yang sebagian besar mendapat manfaat dari cadangan sumber daya alam mereka. Qatar memiliki cadangan gas terbesar ketiga di dunia.

Cadangan minyak dan gas alam Qatar juga sangat besar dibandingkan dengan populasinya, berkontribusi pada peringkatnya yang tinggi di antara negara-negara terkaya. Qatar juga meningkatkan ekonominya di sektor lain dengan berbagai cara seperti menjadi tuan rumah FIFA 2022 yang memberikan dorongan besar bagi pariwisata dan ekonomi Qatar.

  1. Singapura

PDB: USD525.23 miliar

Populasi: 5,45 juta

Singapura merupakan salah satu pusat bisnis dan pusat perdagangan terbesar di dunia. Negara ini memiliki banyak individu dengan kekayaan bersih jumbo di antara penduduknya.

Ekonomi negara tetangga Indonesia ini mengalami beberapa pukulan berturut-turut dalam beberapa tahun terakhir, dengan pandemi pada awalnya dan kemudian ekonomi China yang tersendat sebagai mitra dagang penting bagi sektor manufaktur Singapura.

  1. Irlandia

PDB: USD564.02 miliar

Populasi: 5,03 juta

Setelah dihantam krisis keuangan besar pada tahun 2008, Irlandia melakukan banyak upaya untuk mereformasi industri perbankan. Irlandia memulai beragam kebijakan seperti pemotongan upah sektor publik untuk membuat ekonominya berdetak seperti saat ini.

Irlandia dikenal sebagai salah satu surga pajak terbesar di dunia, dengan perusahaan multinasional (seperti Apple, Google, dan Microsoft) menyumbang lebih dari 50% ke ekonomi Irlandia dalam beberapa tahun terakhir

  1. Makau

PDB: USD54,68 miliar

Populasi: 695,168

Makau adalah daerah administratif khusus (SAR) di bawah China yang beroperasi berdasarkan prinsip Satu Negara, Dua Sistem. Mempunyai 40 lebih kasino, menjadikan negara yang satu ini sebagai salah satu tujuan wisata terbesar di seluruh dunia.

SAR Makau merupakan pos koloni Eropa pertama dan terakhir di Asia. Meskipun Makau mengalami pukulan luar biasa selama krisis Covid-19 dengan ada pembatasan perjalanan dan kebijakan lockdown yang berkepanjangan, namun secara perlahan ekonominya mulai kembali pulih.

Pendekatan kapitalis yang berbeda dari hukum China daratan, membuat Makau mampu bangkit lebih cepat.

  1. Luxembourg

PDB: USD88,56 miliar

Populasi: 639 ribu

Luksemburg menjadi salah satu negara Eropa yang relatif mudah untuk keluar dari tekanan pascapandemi Covid-19. Memakai kekayaan negara, Luksemburg memastikan standar hidup, perawatan kesehatan, dan pendidikan yang lebih baik bagi semua warganya.

Mempunyai kastil indah, hamparan hijau luas, serta kanal yang indah, menjadikan negara ini sebagai salah satu tujuan wisata terbesar di dunia. Luxembourg juga menjadi salah satu negara pertama yang menyediakan transportasi umum secara gratis sekaligus memiliki upah minimum tertinggi di dunia.

 

Jika Anda melihat PDB per kapita PPP, 10 negara ini muncul sebagai yang terkaya pada 1 September 2024:

No. Negara Benua PDB-PPP per kapita (dalam USD)
1. Luksemburg Eropa 143.740 (Rp2,2 miliar)
2. Makau SAR Asia 134.140 (Rp2,05 miliar)
3. Irlandia Eropa 133.900
4. Singapura Asia 133.740
5. Qatar Asia 112.280
6. Uni Emirat Arab Asia 96.850 (Rp1,48 miliar)
7. Swiss Eropa 91.930
8. San Marino Eropa 86.990 (Rp1,33 miliar)
9. Amerika Serikat Amerika Utara 85,370
10. Norwegia Eropa 82.830

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *