Duh, Sri Mulyani Ungkap RI Butuh Rp4.000 T untuk Cegah ‘Kiamat’ Ini

Duh, Sri Mulyani Ungkap RI Butuh Rp4.000 T untuk Cegah 'Kiamat' Ini (foto ist)

Hajinews.co.id — Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Indonesia membutuhkan US$ 281 miliar atau setara Rp 4.000 triliun untuk melawan perubahan iklim. Angka itu hampir sama dengan anggaran negara Indonesia selama satu tahun.

“Kita membutuhkan US$ 281 miliar atau mungkin bagi audiens yang sulit membayangkan seberapa besar uang itu, saya akan terjemahkan itu sekitar Rp 4.000 triliun,” kata Sri Mulyani dalam Indonesia Sustainable Forum (ISF), Jakarta, Jumat, (6/9/2024).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Ini sama dengan 1,1 kali total APBN setiap tahun Indonesia,” kata dia melanjutkan.

Sri Mulyani menuturkan APBN tentu saja tidak mampu membiayai seluruh upaya melawan perubahan iklim tersebut. Karenanya, pemerintah terus menciptakan pembiayaan kreatif yang dapat melibatkan swasta.

“Kami terus berusaha tidak hanya dengan mengalokasikan APBN, tapi juga menggunakan instrumen fiskal seperti tax allowance, tax holiday, pembebasan bea masuk dan sebagainya,” kata dia.

“Hal itu kami lakukan untuk mendorong sektor privat berpartisipasi dalam upaya ini,” kata dia lagi.

Dia mengatakan Indonesia juga menciptakan berbagai instrumen finansial untuk membiayai upaya melawan perubahan iklim. Di antaranya, adalah dengan menerbitkan Green Sukuk atau Blue Bonds.

“Kedua instrumen pembiayaan tersebut telah dibeli sebesar US$ 7,07 miliar dalam periode 2018-2023,” katanya.

Sumber: CNBCIndonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *