Bukan RK atau Pramono, Survei PSG Sebut Warga Jakarta Masih Ingin Mantan Gubernurnya Kembali

Hajinews.co.id — Anies Baswedan dan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok ternyata masih diinginkan untuk maju kembali di Pilgub Jakarta 2024. Pasalnya tingkat kepuasan atas kinerja ke duanya selama menjabat sebagai gubernur masih tinggi.

Hal itu seperti terpotret dalam hasil survei Political Strategy Group (PSG) yang dirilis, Sabtu (7/9/2024).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Kepala peneliti Political Strategy Group (PSG), Ahsan Ridhoi, memaparkan bahwa dalam surveinya pihaknya melempar pertanyaan siapa sosok calon gubernur yang mereka akan pilih di Pilkada Jakarta 2024.

Hasilnya, Anies Baswedan tertinggi dengan tingkat keterpilihan sebesar 39 persen, Basuki Tjahaja Purnama 22 persen dan Ridwan Kamil sebesar 15 persen.

“Artinya warga Jakarta itu pada dasarnya cenderung menginginkan mantan Gubernurnya itu kembali memimpin mereka. Dan itu juga tercermin dari, berkolerasi dengan kepuasan. Ahok dan Anies itu sangat tinggi,” kata Ahsan dalam paparan hasil surveinya di Ashley Hotel, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9).

Survei ini dilakukan sebelum adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait syarat pencalonan Kepala daerah bagi partai politik yang diputuskan pada 20 Agustus kemarin. Sehingga, ketiga nama ini masih diisukan akan bertarung di Pilkada Jakarta 2024.

Adanya survei ini juga memotret bagaimana tingkat kepuasan dari kinerja Ahok dan Anies saat memimpin Jakarta lalu. Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Ahok sebesar 84 persen.

Sementara untuk Anies tingkat kepuasan warga terhadap kinerjanya mencapai 75 persen.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada 6 hingga 15 Agustus 2024 di Jakarta. Dengan jumlah sampel sebanyak 1.540 responden melalui teknik multistage random sampling) dan margin of error kurang lebih 2,7 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Kekinian ada tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan bertarung di Pilkada Jakarta 2024. Ketiga paslon itu sudah mendaftar ke KPU Jakarta.

Pertama, pasangan Pramono Anung-Rano Karno yang diusung PDIP dan Partai Hanura.

Kedua, pasangan Ridwan Kamil dan Suswono. Pasangan ini diusung 13 partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Ketiga, calon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Sumber: Suara

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *