Keji! Israel Tembak Mati Aktivis AS di Tepi Barat, Ini Respons Gedung Putih

Petugas membawa Aysenur Ezgi Eygi setelah ditembak tentara Israel.(Dok Al-Jazeera)

Hajinews.co.id — Gedung Putih menyerukan Israel untuk menyelidiki seorang wanita Amerika Serikat (AS) yang ditembak di kepala oleh pasukan Tel Aviv selama protes terhadap permukiman Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Departemen Luar Negeri AS mengonfirmasi kematian Ayşenur Ezgi Eygi (26) seorang aktivis perdamaian sukarelawan dengan Gerakan Solidaritas Internasional (ISM) anti-pendudukan.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Kantor berita resmi Palestina Wafa melaporkan Eygi – warga negara ganda AS-Turki – meninggal pada Jumat (6/9/2024) setelah ditembak mati selama protes rutin terhadap perluasan permukiman di Beita dekat Nablus.

ISM, yang mengorganisir relawan asing di wilayah Palestina, mengatakan pasukan Israel “sengaja menembak dan membunuh” seorang aktivis hak asasi manusia internasional selama protes mingguan pada Jumat pagi. Itu tidak menyebutkan nama relawan tersebut.

“Demonstrasi, yang terutama melibatkan pria dan anak-anak yang berdoa, disambut dengan kekerasan dari tentara Israel yang ditempatkan di sebuah bukit. Relawan itu meninggal tak lama setelah dibawa ke rumah sakit setempat di Nablus,” kata ISM dalam sebuah pernyataan, dilansir The Guardian.

Keluarga individu tersebut telah meminta privasi saat mereka berduka atas kehilangan mereka, katanya. “Keinginan mereka untuk berduka dengan damai harus dihormati oleh semua orang, saat mereka menghadapi situasi yang tragis dan sulit ini.”

AS belum mengatakan secara pasti apakah Eygi telah ditembak oleh pasukan Israel. “Kami segera mengumpulkan lebih banyak informasi tentang keadaan kematiannya, dan akan memiliki lebih banyak hal untuk dikatakan saat kami mempelajari lebih lanjut,” kata Matthew Miller, juru bicara departemen luar negeri.

Duta Besar AS untuk Israel, Jacob Lew, mengunggah di X “belasungkawa terdalamnya” kepada keluarga dan orang-orang terkasih Eygi. “Kami tidak memiliki prioritas lebih tinggi daripada keselamatan dan keamanan warga negara Amerika,” tambahnya.

Gedung Putih mengatakan telah menghubungi pemerintah Israel dan meminta penyelidikan atas pembunuhan Eygi.

Keji! Israel Tembak Mati Aktivis AS di Tepi Barat, Ini Respons Gedung Putih

“Kami sangat terganggu oleh kematian tragis seorang warga negara Amerika, Ayşenur Ezgi Eygi, hari ini di Tepi Barat dan hati kami tertuju pada keluarga dan orang-orang terkasihnya,” kata Sean Savett, juru bicara dewan keamanan nasional Gedung Putih.

Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS, menyesalkan “kehilangan tragis” itu. “Ketika kami memiliki lebih banyak info, kami akan membagikannya, menyediakannya dan, jika perlu, kami akan menindaklanjutinya,” kata Blinken, dilansir AFP.

Respons Erdogan

Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan telah mengetahui “dengan sangat sedih” bahwa seorang warga negara Turki telah terbunuh. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengutuk “intervensi biadab Israel terhadap protes sipil” yang katanya menyebabkan terbunuhnya Eygi.

Militer Israel mengakui telah menembaki para demonstran dan mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki laporan bahwa seorang warga negara asing telah tewas. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan bahwa mereka “merespons dengan tembakan ke arah seorang provokator utama kegiatan kekerasan yang melemparkan batu ke pasukan dan menimbulkan ancaman bagi mereka”.

Menurut Aria Fani, asisten profesor bahasa dan budaya Timur Tengah, Eygi lulus dari Universitas Washington awal tahun ini. Fani mengatakan bahwa Eygi adalah seorang mahasiswa dan pribadi yang luar biasa.

Dia mengatakan bahwa dia telah bertemu Eygi sekitar dua bulan sebelumnya dan mendesaknya untuk tidak pergi ke Tepi Barat karena dia khawatir akan keselamatannya di sana.

… “Saya turut berduka cita kepada keluarga, teman, dan orang-orang terkasih Ayşenur,” tambahnya.

Pramila Jayapal, perwakilan AS untuk wilayah tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kematian Eygi adalah “tragedi yang mengerikan”.

“Kantor saya secara aktif berupaya mengumpulkan lebih banyak informasi tentang peristiwa yang menyebabkan kematiannya,” kata Jayapal.

“Saya sangat prihatin dengan laporan bahwa dia dibunuh oleh tentara Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Pemerintah Netanyahu tidak melakukan apa pun untuk menghentikan perluasan permukiman dan kekerasan pemukim di Tepi Barat, yang sering kali didorong oleh menteri sayap kanan pemerintahan Netanyahu. Pembunuhan seorang warga negara Amerika adalah bukti yang mengerikan dalam perang yang tidak masuk akal ini yang meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.”

Menurut Associated Press, Eygi adalah aktivis ISM ketiga yang terbunuh sejak 2000. Dia adalah demonstran ke-18 yang terbunuh di Beita sejak 2020, kata ISM.

Pada 2003, saat memprotes penghancuran rumah-rumah oleh militer Israel di Rafah di Jalur Gaza selatan, Rachel Corrie – seorang warga negara AS berusia 23 tahun dari Olympia di negara bagian Washington – tewas tertabrak buldoser tentara Israel. Sebulan kemudian, Tom Hurndall, seorang warga Inggris berusia 22 tahun, ditembak di kepala saat ia membantu anak-anak Palestina menyeberang jalan di Rafah.

Ia meninggal tahun berikutnya. Seorang tentara Israel dinyatakan bersalah atas pembunuhan dan dijatuhi hukuman delapan tahun penjara. Pada bulan Agustus, seorang aktivis Amerika mengatakan ia ditembak di kaki oleh pasukan Israel saat melakukan protes di Beita. Pria itu, yang berbicara kepada AFP menggunakan nama samaran, mengatakan pasukan Israel “menembakkan gas air mata ke arah kami, peluru tajam” dan bahwa ia ditembak saat ia melarikan diri.

Sumber: CNBCIndonesia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *