Waduh! Keluarga Dokter Aulia Dapat Intimidasi, Dilarang Lapor Perundungan di PPDS Undip Semarang ke Polisi

Hajinews.co.id — Upaya keluarga dr Aulia Risma Lestari, mahasiswi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, mencari keadilan ihwal meninggalnya sang dokter tak berjalan mulus.

Pengacara keluarga dokter Aulia, Misyal Achmad mengungkap, ada intimidasi yang dilakukan sejumlah pihak agar kasus ini tak dibawa ke ranah hukum.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Banyak, dari mana-mana, saya tak berbicara langsung. Saya tidak bisa buka dulu, kami mesti jaga keamanan mereka (keluarga korban),” jelas Misyal dikutip dari Kompas.com, Jumat (6/9/2024).

Misyal mengungkap, intimidasi tersebut terjadi bahkan sebelum keluarga Aulia melaporkan dugaan perundungan dan pemerasan ke polisi.

“Nah, kalau kita tidak putus mata rantai ini, ya repot. Ya banyak terjadi di tempat-tempat lain, tetapi mungkin, kan mereka tidak berani. Ini kan kita mencari satu cara agar mereka berani mengungkap,” ujarnya.

Sebelumnya, Misyal mengungkap, dokter Aulia mengalami perundungan, pemerasan, juga intimidasi dari senior PPDS Anestesi Undip saat menjadi dokter residen di RSUP Kariadi Semarang.

Temuan Kementerian Kesehatan, Aulia bahkan harus membayar Rp20 juta-Rp40 juta per bulan untuk berbagai keperluan senior.

Dalam keseharian, dia juga harus mengangkat galon dan menyiapkan 80 boks makanan dengan menu berbeda, untuk para senior.

Kepada orangtua, Aulia juga mengeluh harus bekerja mulai pukul 03.00 WIB hingga pukul 01.30 WIB keesokan hari, saat praktik di RSUP Kariadi.

“Itu setiap hari, hingga drop,” jelas Misyal.

Soal jam kerja yang hampir 24 jam ini, kata Misyal, sudah disampaikan ibu dokter Aulia ke pihak kampus.

Bahkan, laporan itu disampaikan kepada kepala program studi (Kaprodi) PPDS sejak 2022.

“Setiap mengeluh, ibunya melaporkan beberapa kali (ke kampus). Mulai tahun 2022,” kata dia.

“Namun, tidak mendapat tanggapan yang baik. Hingga terjadi hal yang tidak diinginkan,” ungkap dia.

Seperti diketahui, keluarga dr Aulia Risma Lestari melaporkan sejumlah senior dan kaprodi PPDS Fakultas Kedokteran Undip Semarang ke Polda Jateng atas dugaan perundungan, pemerasan, juga intimidasi.

sumber: Tribunnews

Laporan ini dibuat Rabu (4/9/2024). Pada Kamis (5/9/2024), pihak keluarga mulai menjalani pemeriksaan sebagai pelapor.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *