Jokowi Bicara Pemindahan ASN ke IKN Tidak Segampang yang Dibayangkan, Kini Pemerintah Kaji Ulang

Jokowi Bicara Pemindahan ASN ke IKN Tidak Segampang yang Dibayangkan, Kini Pemerintah Kaji Ulang (foto ist)

Hajinews.co.id — Rencana memindahkan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak segampang yang dibayangkan. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi merespons putusan pemerintah yang mengkaji ulang rencana memindahkan ASN ke IKN pada September 2024.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“IKN itu pekerjaan yang sangat besar sekali. Jadi tidak segampang yang kita bayangkan pindah, langsung pindah,” kata Jokowi di Sidoarjo, Jumat (6/9/2024), dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menuturkan, rencana memindahkan ASN mesti memperhatikan kesiapan rumah dan apartemen yang hendak ditempati beserta instalasi dasar seperti air dan listrik.

“Kalau apartemennya siap apakah airnya juga siap, listriknya juga siap. Semuanya,” ujar dia.

Jokowi pun mengakui bahwa pemerintah mesti memperhatikan kesiapan infrastruktur karena sebagian infrastruktur masih dikerjakan meski sebagian lainnya sudah siap.

Mantan wali kota Solo ini juga bakal berkunjung ke IKN untuk mengkonsolidasi perencanaan pembangunan IKN sesuai target dengan Kepala Otorita IKN sekaligus Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Ini perlu, ini kan kita membangun sebuah ekosistem besar, di mana nanti kita harapkan betul-betul interaksi di antara masyarakat, di antara warga yang tinggal di IKN, betul-betul sebuah komunitas yang hidup, naik dari sisi ekonomi, sosial, budaya,” kata Jokowi.

Jokowi pun meminta agar pertanyaan soal kepastian jadwal ASN pindah ke IKN diajukan langsung kepada Basuki.

“(Kalau) Ditanyakan seperti itu, kalau hal-hal teknis ke Kepala OIKN, Pak Basuki ada di dekat saya,” kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah tengah mengkaji ulang rencana memindahkan ASN ke IKN.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyebut bahwa Presiden Joko Widodo memberikan arahan baru terkait rencana ini.

“Terkait perpindahan ASN ke IKN, sebenarnya di September ini telah siap beberapa hunian yang siap untuk ASN pindah bertahap. Namun, arahan Pak Presiden ini perlu disempurnakan, perkantoran, dan sistem digitalnya,” kata Anas di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

“Beliau ada arahan terbaru tak mau terburu-buru menunggu penyempurnaan infrastruktur digital dan lain-lain. Karena kalau ASN ke IKN bukan hanya soal pindah kantor tapi berubah budaya digital, jadi infrastruktur digital selesai dan lain-lain,” ujar dia.

Jadwal Jokowi Berkantor di IKN

Berikut jadwal Presiden Jokowi berkantor di IKN Kaltim dan agendanya, akan menetap 40 hari jelang lengser.

Juli 2024 lalu Presiden Jokowi telah berkantor di IKN Kalimantan Timur untuk pertama kalinya.

Jelang lengser, kini Jokowi disebut akan kembali berkantor selama 40 hari di Ibu Kota Negara Nusantara.

Sesuai jadwalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkantor di IKN mulai 10 September 2024.

Jokowi bakal berkantor hingga 19 Oktober 2024 atah H-1 pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres RI.

Pernyataan terkait rencana Presiden Jokowi disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

“Rencana beliau berkantor itu sampai tanggal 19 (Oktober).

Kemungkinan dari tanggal 10 (September) sampai tanggal 19 Oktober,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, dilansir dari Antara, Jumat (7/9/2024).

Apa saja agenda saat berkantor di IKN?

Nantinya, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah dan luar kota, dengan titik keberangkatan dari IKN selama kurun waktu tersebut.

Heru menambahkan, sejumlah aparatur sipil negara (ASN) dari Kementerian Sekretariat Negara, termasuk Sekretariat Presiden, juga sudah mulai berkantor di IKN.

“Beliau kerja di sana sambil mengundang yang terkait untuk rapat,” katanya.

Saat ditanya lebih lanjut soal kurun waktu Presiden berkantor di IKN, Heru memastikan Presiden Jokowi akan berada di IKN selama 40 hari hingga 19 Oktober 2024.

“Ya kalau sampai tanggal 19 Oktober berarti 40 harian,” kata Heru.

Heru menambahkan, sejumlah aparatur sipil negara (ASN) dari Kementerian Sekretariat Negara, termasuk Sekretariat Presiden, juga sudah mulai berkantor di IKN.

Pelantikan Prabowo-Gibran

Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, KPU dijadwalkan akan melakukan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Minggu, 20 Oktober 2024 mendatang.

Pasangan terpilih akan melakukan pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden.

Pelantikan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden pun bakal digelar di Jakarta.

Rencana awal Prabowo-Gibran akan dilantikan di IKN Kaltim, diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Pelantikan Presiden rencananya sih di sana (IKN),” ujar Basuki saat ditemui di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Namun belakangan, rencana pelantikan Presiden dan Wapres Ri terpilih di IKN Kaltim dipastikan batal.

Pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI yang akan digelar di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta bukan di IKN Kaltim ini disampaikan Wakil Ketua MPR, Ahmad Muzani, Jumat (28/6/2024).

Jadwal pelantikan Prabowo sebagai Presiden periode 2024-2029 adalah 20 Oktober 2024.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ahmad Muzani mengungkapkan, agenda pelantikan Prabowo Subianto sebagai presiden periode 2024-2029 akan digelar di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, bukan di IKN.

“Pokoknya pelantikan (sebagai Presiden) di Senayan,” kata Ahmad Muzani di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (28/6/2024) seperti dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com.

Berkantor di IKN Usai Buka MTQ Nasional di Samarinda

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-30 Tahun 2024 yang digelar hybrid di Samarinda dan IKN,  Kalimantan Timur

Setelah membuka MTQ Nasional di Samarinda, Presiden Jokowi lanjut berkantor di IKN Kaltim hingga 10 Oktober 2024.

Ini adalah pertama kalinya, MTQ Nasional digelar dua tempat secara hybrid yakni Samarinda dan IKN, Kaltim.

Deputi Otorita IKN (OIKN) Agung Wicaksono mengungkapkan, usai membuka MTQN di Samarinda tersebut, presiden akan berkantor di Istana Garuda IKN hingga 10 Oktober 2024.

“Informasi terakhir seperti itu, sebulan berkantor di Istana Garuda,” ujar Agung kepada Kompas.com, usai acara West Sulawesi Investment Forum 2024, di Balikpapan, Jumat (6/9/2024).

Pelaksanaan MTQN di Bumi Etam tahun 2024, disebutkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, sebagai momen MTQ paling istimewa.

“Ini MTQ istimewa. Karena tidak didapati pada MTQ-MTQ sebelumnya.

Pertama kali digelar di IKN, dibuka secara hybrid di dua lokasi dan menjadi saksi sejarah sebagai festival keagamaan pertama yang diselenggarakan di IKN,” tutur Sri Wahyuni.

Seluruh rangkaian MTQN akan berlangsung selama 10 hari, yakni pada 6 September hingga 16 September 2024.

Tak kurang sebanyak 6.000 peserta akan hadir di acara akbar yang dimeriahkan 15 artis Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Selain itu delegasi DKJ juga membawa 1.000 orang kafilah, Jawa Timur 1.000 orang kafilah, dan kota-kota besar lainnya dengan kekuatan yang sama.

“Itu cukup menggambarkan seberapa besar pamor MTQ Nasional di Kaltim kali ini,” ungkap ucap Sri Wahyuni seperti dikutip dari kompas.com.

Rangkaian kegiatan MTQ Nasional 2024 di Kaltim akan berjalan selama 10 hari, 6-16 September 2024.

Berdasarkan info yang dirilis situs resmi mtq-30.kaltimprov.go.id, MTQ Nasional 2024 di Kaltim mengusung tema “Mewujudkan Masyarakat Cinta Al-Qur’an untuk Bangsa yang Bermartabat di Bumi Nusantara”.

Sumber: Tribunnews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *