“Man Of Integrity” Faisal Basri dan Hal-Hal yang belum Selesai (Mengenang berpulangnya Ekonom Kritis)

Faisal Basri dan Hal-Hal yang belum Selesai
Faisal Basri

Oleh : Didin S Damanhuri

Hajinews.co.id – Wafatnya Faisal Basri (FB) yg begitu banyak testimoni dari pelbagai kalangan (sesama Ekonom, akademisi pelbagai bidang, Aktivis dengan beragam latar belakang, wartawan, pejabat pemerintahan, 2 mantan Wapres dst). Begitu juga Obituari di koran koran maupun media-media online.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Semuanya merasa kehilangan. Antara lain disebutkan bahwa FB adalah seorang Ekonom Kelas Begawan yg handal, FB selalu kuat beropini dengan didukung data dan analisis yg masuk akal. Juga “super berani”, lugas dan tanpa tedeng aling-aling dalam menyampaikan kritik. Hal itu disampaikan oleh FB sejak Soeharto masih berkuasa, Habibie, SBY hingga Jokowi.

Untuk 10 tahun Jokowi berkuasa, memang awalnya FB bersahabat dengan Jokowi baik secara pribadi maupun memberikan langsung saran saran kebijakan.

Salah satu yang fenomenal adalah Ketika Jokowi selaku Presiden menugaskan FB tahun 2015 untuk jadi Ketua Komite Reformasi Tata Kelola Migas, Juga secara tidak langsung memasukan FB tahun sebagai Anggota Tim Ahli Satgas TPPU utk.mnyelidiki transaksi janggal 349 Trilyun di Kementrian Keuangan.
Sebagai Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas menghasilkan tiga rekomendasi. Pertama, tender penjualan dan pengadaan impor minyak mentah dan BBM tidak lagi oleh PES melainkan dilakukan oleh ISC (integrated supply chain) Pertamina.

Kedua, mengganti secepatnya manajemen Petral dan ISC dari tingkat pimpinan tertinggi hingga manajer.

Ketiga, melakukan audit forensik agar segala proses yang terjadi di Petral menjadi terang benderang. Hasil audit forensik bisa dijadikan sebagai pintu masuk membongkar potensi pidana, khususnya membongkar praktik mafia migas.

Rekomendasi ini kemudian ditindaklanjuti Menteri ESDM saat itu Sudirman Said dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) saat itu Dwi Soetjipto dengan membekukan bisnis Petral pada tengah Mei 2015 .
Kemudian terkait tugas Satgas TPPU, salah satu hasil signifikan dalam kerja satgas adalah penanganan kasus impor emas dengan transaksi keuangan mencurigakan sebesar Rp189 triliun. Menurut laporan, sebelum ada Satgas TPPU, kasus itu tidak berjalan.

Namun setelah Satgas melakukan supervisi, kasus mulai diproses. Penyelidikan ini mengungkap dugaan tindak pidana kepabeanan oleh penyidik dari Direktorat Jenderal Bea Cukai dan dugaan tindak pidana perpajakan oleh Direktorat Jenderal Pajak .

FB juga punya beberapa tugas lain yg strategis sbg “Ekonom Aktivis” yang salah satu cirinya adalah sangat peduli akan Pemberantasan Korupsi. Bagi FB hal tersebut adalah prasyarat untuk membangun peradaban bersih bangsa dan negara Indonesia yg bercita-cita mewujudkan Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Faisal Basri sebagai salah seorang Pendiri INDEF

Perjumpaan pertama kali saya (DSD) dengan FB adalah sekitar tahun 1994 ketika FB baru pulang menyelesaikan studi MAnya dari Vanderbilt University AS dan saya jg baru menyelesaikan S3 tahun 1993 dari Prancis.

Kami sama sama bertemu dengan Dr.Dipo Alam, Deputi Menko Perekonomian kala itu di gedung Bappenas. Setelah itu cukup sering berinteraksi termasuk sama sama jadi Nara Sumber di berbagai Seminar.

Sekali waktu tahun 1995 saya, FB bersama Didik J. Rachbini dan Fadhil Hassan di Rumah Soetrisno Bachir (Pengusaha Nasional) bersepakat untuk membentuk Lembaga Think Tank Ekonomi INDEF (Institute for Development Economics and Finance). Expose pertama INDEF, yakni Studi tentang Impor Gandum dari AS oleh PT Bogasari milik Liem Sui Liong, Konglomerat terbesar masa Orba. Posisi impor gandumnya hampir monopsonistik (Pengimpor tunggal). Yang sangat mengejutkan dari hasil studi tersebut ditemukan adanya subsidi terselubung dari Negara terhadap PT Bogasari sebesar 760 milyar (kalau nilai tahun 2024 harus dikalikan 8X, karena kurs 1 dollar waktu sebesar Rp.2.159 atau sekitar Rp.6 ,8 trilyun per tahun) akibat adanya Impor gandum 2,7 ton tahun 1994. Tentu hal itu sangat merugikan rakyat sebagai pembayar pajak.

Sontak hasil kajian Indef tsb menjadi head line hampir seluruh koran koran nasional waktu itu, Hal itu kontradiktif justru karena ketika itu Presiden Soeharto berada di Puncak kekuasaan karena berbagai prestasi perekonomiannya sehingga mendapat pujian lembaga-lembaga internasional.

Sejak itulah INDEF menjadi sangat terkenal dengan analisis ekonomi kritis di kancah nasional. INDEF juga mempunyai tradisi membuat publikasi tiap tahun dari hasil studinya: Proyeksi Tengah Tahun (PTT) dan Akhir Tahun (Outlook) yg selalu mengundang Pejabat terkait studi, Akademisi, kalangan BUMN, swasta dan kalangan awak media.

Tahun 2024 ini INDEF berumur 29 tahun dengan 6 generasi Ekonom yang memimpin Organisasi think tank yang 15 tahun terakhir hampir tidak ada kompetitor di bidangnya.

Dari sisi waktu yg mempunyai rentang hampir 3 dasa warsa secara konstan memberikan sumbangan pemikiran dan rekomendasi kebijakan kepada Pemerintah khususnya dan kepada Bangsa dan Rakyat Indonesia umumnya. Kami para pendiri dan ekonom Indef yang sudah puluhan jumlahnya selalu bersama FB dan melihat FB sebagai Ekonom kritis dan berintegritas sangat tinggi.

Tentu bersama FB, publik akhirnya mengenal Ekonom Indef lainnya: DSD, Didik J.Rachbini, Fadhil Hassan, Nawir Messi, Aviliani, Bustanul Arifin, Drajat Wibowo, Enny Sri Hartati (alm.), Ahmad Erani Yustika, Tauhid Ahmad, Eko Liatianto, Esther Sri Astuti, Bima Yudistira dan mulai muncul juga nama nama lain yg lebih muda.
Tak ada gading yg tak retak. Demikian pepatah yg klasik.

FB adalah Perokok Berat. Pada waktu acara tahunan Indef sama sama sekitar 40 orang ke Thailand. Kami tiba-tiba kehilangan FB dan seorang Ekonom Senior lainnya.

Setelah dicari gak ketemu dan akhirnya seorang teman kami melihat 2 orang yg sedang asyik di sebuah tempat agak jauh dari rombongan.

Kemudian FB dan seorang temannya tsb bilang: kami sesama “Ahli Hisap” sedang menghitung pertumbuhan ekonomi Negeri Gajah (Thailand), kilahnya. “Kalao tanpa menghisap dulu, kami gak bisa memprediksi dengan tepat pertumbuhan ekonomi negeri gajah tersebut”. Hehe candanya.

Mudah-mudahan kita menyadari bahwa merokok, apalagi kalao sudah kecanduan, membahayakan Kesehatan, terutama dapat menjadi penyebab sakit jantung.

Faisal Basri dan hal-hal yang belum selesai

Karakteristik FB sebagai ekonomi, memiliki 3 ciri, yakni: Anti Korupsi, anti kebijakan ekonomi yang merugikan rakyat banyak (kemiskinan, ketimpangan, pengangguran, kerusakan lingkungan), dan anti tata kelola yang buruk dalam Pembangunan.

FB pun adalah seorang Dosen di FEB UI yang sangat bereputasi tinggi bahkan sempat disebut sebagai “gudangnya calon menteri-menteri ekonom”.

Namun dalam pengembangan ilmu ekonomi di negara-negara sedang berkembang masih kuat adanya “keterjajahan epistemologi keilmuan” sehingga Ilmu Ekonomi yang berasal dari negara-negara barat (Eropa maupun Amerika Serikat) sangat mempengaruhi dalam perumusan kebijakan-kebijakan perekonomian termasuk di Indonesia yang tidak selalu memberikan solusi yang tepat buat rakyatnya.

Dalam dunia perguruan tinggi dikenal konsep tridharma perguruan tinggi (PT), yakni: pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Pendidikan merupakan wahana transformasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kebudayaan yang menghasilkan regenerasi para Ilmuwan, TeknologI dan Budayawan.

Sementara, Penelitian adalah wahana pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan sehingga terjadi kontinyuitas ato disrupsi Keilmuan yang dalam perspektif Thomas Khun disebut adanya Anomali menuju terbentuknya Teori Baru (Khun, 1962). Juga bisa dengan menemukenali keilmuan yang belum masuk dalam framework keilmuan yang mapan.

Dengan bermodal ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan, maka Perguruan tinggi agar tidak menjadi “Menara Gading”, wajib melakukan pengabdian pada masyarakat sehingga berkontribusi terhadap kemajuan, keadilan dan kesejahteraan dalam masyarakat bangsa secara keseluruhan.
Lebih jauh, dari masyarakat dapat juga terjadi umpan balik tentang relevansi keilmuan yang berkembang di PT.

Atau bahkan PT berguru kepada masyarakat dengan adanya nilai-nilai lokal, dunia kerja dalam industri, kebajikan para Guru Bangsa).

Dengan demikian, ada semacam siklus keilmuan yang tak hanya bersifat linier dengan adanya Ilmu-Ilmu yang mapan yang kemudian ditranformasikan lewat para mahasiwa dan para lulusannya hanya menjadi follower dan agen negara-negara maju untuk kemudian mencangkokannya kepada masyarakat negara-negara berkembang termasuk di Indonesia yang banyak menimbulkan masalah (ketimpangan sosial ekonomi, dekadensi budaya dan kerusakan ekologi).

Tapi kalau siklus itu bersifat penyerapan “ide-ide kemajuan” yang berasal dari negara maju yang relevan, kemudian secara proaktif melakukan kritik terhadap keilmuan yang mapan sekaligus merekonstruksi nilai-nilai lokal yang luhur dari bangsanya untuk disintesakan dengan keilmuan yang mapan tersebut. Selanjutnya kemudian menjadi body of knowledge dan teori-teori baru yang pada gilirannya melahirkan Kebijakan-kebijakan Pembangunan yang relevan di negara-negara berkembang termasuk di Indonesia.

Itu seharusnya kalau Negara Negara Berkembang mau mempunya indentitas dalam proses kemajuan pembangunannya.
Mahasiswa di Indonesia dalam pembuatan skripsi S1, tesis S2 dan disertasi S3 baik di PT Indonesia maupun studi di PT Luar Negeri yang merupakan pengerak Ilmu Pengetahuan (IP) berbasis Riset, maupun riset-riset yang berjalan di PT dan lembaga Riset lainnya, semuanya lebih sebagai senia (“art”) (Mubyarto 1988).

Dalam arti riset-riset tersebut hanya berjalan untuk mengulang dan mengokohkan paradigma IP yang telah mapan yang notabene tidak lepas dari bangsa yang telah mengkontruksi IP-nya.
Jadi ada semacam jebakan Epistemologi yang hanya mengulang dan lebih mengokohkan kebenaran teoritis sebuah riset yg berbasis “Masyarakat Barat” (Eurocentrism, bahkan Western-centralism) yang tidak selalu menguntungkan untuk mencapai kemakmuran rakyat sebesar-besarnya.

Dalam konteks tulisan ini adalah terutama dalam kaitan dengan tugas Tridarma PT. Dalam ranah pendidikan dan penelitian, dengan melakukan apa yg disebut oleh kalangan ilmuwan “French School (Derrida, 1989, Foucault, 2018 ) yakni melakukan proses “deconstruction” (pembongkaran) sekaligus dilanjutkan dengan “reconstruction” (membangun kembali/merekonstruksi) teori-teori keilmuan sosial dan ekonomi sehingga lebih berbasis kepentingan rakyat (people driven economy dan bukan kepentingan segilintir pemilik modal yang malah membentuk struktur Oligarki) atau dalam prasa Konstitusi-UUD45 dengan “memakmurkan rakyat sebesar-besarnya” (bukan memakmurkan orang per orang).

Caranya adalah dengan mengembangkan pendekatan “Eclectic” baik dalam pengembangan IP maupun dalam proses pembangunan.

Yakni dengan ciri: Zig zag dalam mempergunakan metodologi-metodologi dan teori-teori yang relevan (dan mengabaikan yang tidak relevan), untuk menjelaskan, meramalkan, merekayasa sosial, memecahkan masalah masyarakat, bangsa dan Negara Pasca Kolonial (“Post Colonial Society, Nation and State”). Sementara, Indikator-indikartornya adalah terjadinya kemakmuran rakyat sebesarnya (bukan sekedar kemakmuran orang per orang) dan kesejahteraan sosial (bukan sekedar kesejahteraan segelintir pemilik modal).

Dengan demikian, tugas Perguruan tinggi dalam pelaksanaan Tridarma PT, dalam ranah Pendidikan dengan melakukan transformasi keilmuan berbasis hasil riset, teori dan keilmuan berbasis lokal dan hybrid dengan pendekatan Eclectic, yakni mempergunakan metodologi-metodologi dan teori-teori yang relevan (dan mengabaikan yang tidak relevan).

Dalam ranah Penelitian, dengan mengembangan ilmu berbasis konstitusi, nilai lokal dan Hybrid yang mampu menghasilkan: Kritik Teori dan Teori-Teori Baru berbasis Lokal.

Sementara, dalam ranah Pengabdian pada Masyarakat, secara makro ditujukan dalam rangka mencapai kondisi bangsa yang Mandiri, Sejahtera dan Berdaya “coopetition “. Yakni sinergi dari kapasitas untuk Kemitraan / Kerjasama (Cooperation) dan Persaingan (Competition) yang menghasilkan watak bangsa yang unggul di tingkat regional dan global, namun dengan diabdikan untuk kepentingan nasional, yakni mensejahterakan rakyat sebesar-besarnya.

Menurut hemat saya disamping Indonesia memerlukan Faisal-Faisal lain untuk menjaga Indonesia tidak tergelincir jadi “Negara Gagal” karena kebijakan-kebijakan perekonomiannya yang keliru.

Namun lebih jauh FB sebagai entitas Dosen Perguruan Tinggi, khususnya Dosen Ilmu Ekonomi juga seyogyanya merefleksikan lebih mendalam untuk membangun “Ilmu Ekonomi berbasis kepada nilai-nilai dan kebajikan masyarakat Indonesia sendiri”.

Atau setidak-tidaknya terhadap nilai-nilai dan kebajikan masyarakat Asia” (Asian Way) yang berbeda dengan nilai nilai dan kebajikan Bangsa-Bangsa Barat yang tidak selalu relevan dengan Bangsa-Bangsa di Asia .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *