11 Penyakit Yang Bisa Dihilangkan Dengan Konsumsi Cengkeh Secara Rutin, Apa Saja?

Konsumsi Cengkeh Secara Rutin
Cengkeh

Hajinews.co.idCengkeh merupakan salah satu rempah asal Indonesia yang biasa digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit.

Manfaat cengkeh untuk kesehatan berasal dari antioksidan eugenol yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, termasuk risiko kanker.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Kompas.id memberitakan bahwa antioksidan eugenol pada bijinya mampu mencegah kerusakan hati dan bersifat anti inflamasi.

Selain itu, rempah berharga ini mengandung nigericin yang bermanfaat untuk menjaga gula darah dalam tubuh.

Lalu penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi Cengkeh setiap hari?

11 penyakit yang bisa diatasi dengan makan cengkeh

Times of India menulis bahwa konsumsi cengkeh setiap hari dapat mengurangi risiko sejumlah penyakit.

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi tanaman dengan nama ilmiah Syzygiumaromaticum ini. Anda bisa membuatnya menjadi minyak bagus yang bisa Anda gosokkan pada gigi atau dimasukkan ke dalam diffuser.

Rempah cengkeh juga dapat dikonsumsi dengan mencampurkannya ke dalam kue, kari, dan minuman.

Menurut WebMD, cengkeh dapat dengan cepat kehilangan sifatnya setelah digiling. Oleh karena itu, disarankan untuk membeli kunci utuh dan menyimpannya dalam wadah kedap suara sebelum digunakan.

Di bawah ini beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi cengkeh :

  1. Meredakan radang sendi

Cengkeh mengandung eugenol yang terbukti mengurangi respons inflamasi tubuh, seperti meredakan radang sendi dan gejalanya yang berhubungan dengan osteoartritis dan artritis reumatoid.

Manfaat ini bisa diperoleh dari ekstrak minyak cengkeh atau cukup mengunyahnya saja.

Mengunyah cengkeh dapat membantu meredakan sakit gigi, radang gusi, dan sariawan, seperti dilansir dari Times of India.

  1. Diabetes

Cengkeh mengandung kaya antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Salah satunya adalah senyawa nigericin yang diketahui mampu meningkatkan sekresi insulin dan kesehatan sel yang memproduksi insulin.

Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah saat mengonsumsinya sebagai bagian dari diet seimbang.

Dikutip dari Medicine Net, 1-3 gram cengkeh per hari selama sebulan dapat membantu penderita diabetes tipe 2 mengelola kadar glukosa darah, trigliserida, dan kolesterol.

Penelitian juga menemukan adanya hubungan antara kadar mangan dalam darah dan metabolisme gula darah, yang menambah dugaan bahwa cengkeh dapat membantu pencegahan atau pengendalian diabetes.

  1. Kanker

Kandungan antioksidan eugenol dalam cengkeh mampu membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Dengan begitu risiko terserang penyakit kanker juga semakin kecil.

Menurut Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak cengkeh dapat membantu melindungi tubuh dari serangan sel kanker.

Penelitian berbasis tabung reaksi menunjukkan, eugenol mendorong kematian sel kanker payudara.

Namun, eugenol juga bisa beracun jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Overdosis eugenol dapat mengakibatkan kerusakan hati.

  1. Sirosis hati

Mengonsumsi cengkeh juga bisa menyehatkan organ hati. Manfaat ini diperoleh dari penelitian yang menunjukkan bahwa eugenol dalam cengkeh dapat membantu mengurangi tanda-tanda sirosis hati.

Studi yang dilakukan pada hewan tahun 2022 membuktikan, ekstrak cengkeh memperbaiki kerusakan hati yang disebabkan oleh zat beracun thioacetamide.

Namun, belum cukup penelitian yang menunjukkan manfaat cengkeh untuk kesehatan hati manusia.

  1. Masalah pernapasan

Menurut Times of India, cengkeh memiliki khasiat antimikroba sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Mengonsumsi cengkeh setiap hari dapat membantu tubuh melawan infeksi yang disebabkan bakteri, virus, dan jamur.

Khasiat ini sangat efektif untuk melawan penyakit pernapasan, pilek, dan sakit tenggorokan.

  1. Gigi berlubang

Cengkeh diyakini ampuh untuk meredakan dan mengatasi masalah gigi berlubang.

Studi menyimpulkan, cengkeh memiliki sifat antimikroba yang mampu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri.

Jika dikombinasikan dengan menyikat gigi secara teratur, efek antibakteri ini dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit mulut, seperti radang gusi, periodontitis, dan gigi berlubang.

  1. Batuk

Cengkeh memiliki sifat ekspektoran yang membantu mengencerkan lendir dan dahak. Khasiat cengkeh ini efektif untuk meredakan gejala batuk, pilek, dan bronkitis.

Menghirup uap yang dicampur dengan minyak cengkeh atau mengonsumsinya secara langsung dapat melegakan saluran pernapasan dan membersihkan hidung tersumbat.

  1. Osteoporosis

Penelitian pada hewan menunjukkan, eugenol dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan massa tulang sehingga mencegah osteoporosis.

Selain itu, cengkeh juga mengandung mangan yang terlibat dalam pembentukan tulang dan sangat penting bagi kesehatan tulang.

Diketahui, massa tulang yang rendah menjadi salah satu penyebab osteoporosis.

  1. Maag

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan, eugenol dapat membantu mengobati tukak lambung.

Tukak lambung adalah luka yang menyakitkan yang terbentuk di lapisan lambung, duodenum, atau kerongkongan.

Penelitian tabung reaksi juga menunjukkan, minyak cengkeh mungkin memiliki efek melawan Helicobacter pylori (H. Pylori), bakteri yang dapat memicu masalah perut seperti maag dan bahkan kanker.

Meskipun efek antimaag dari cengkeh dan senyawanya mungkin menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui efeknya pada manusia.

  1. Jerawat

Kandungan eugenol pada minyak cengkeh memiliki kemampuan dalam membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan dan kemerahan.

Tak hanya efektif untuk mengatasi jerawat, cengkeh juga bisa digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Pasalnya minyak cengkeh dikenal sebagai salah satu antiaging ingredient yang kuat.

Oleh karena itu, cengkeh sering kali digunakan dalam pembuatan produk kecantikan seperti mengurangi kulit kendur dan meminimalisir garis halus dan kerutan di kulit.

  1. Kembung

Cengkeh memiliki khasiat alami untuk melancarkan pencernaan.

Sebab, rempah satu ini merangsang sekresi enzim pencernaan yang membantu memecah makanan lebih efisien sehingga mengurangi masalah, seperti gangguan pencernaan, gas, dan kembung.

Mengonsumsi satu cengkeh setiap hari dapat melancarkan pencernaan dan meredakan ketidaknyamanan perut.

Nah, itulah sederet manfaat cengkeh yang bisa meredakan beberapa penyakit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *