Baznas Gandeng Kemenag Luncurkan Program Madrasah Layak Belajar

Baznas Gandeng Kemenag Luncurkan Program Madrasah Layak Belajar (foto ist)

Hajinews.co.id — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Kementerian Agama (Kemenag) RI meluncurkan Program Madrasah Layak Belajar (MLB) yang merupakan bantuan kepada madrasah swasta, berupa perbaikan sarana dan prasarana ruang kelas dan sanitasi untuk meningkatkan kualitas madrasah.

“Baznas akan menggulirkan stimulan untuk 1.000 madrasah. Jadi 1.000 madrasah akan mendapatkan stimulasi Rp25 juta,” kata Ketua Baznas RI Noor Achmad melalui keterangan di Jakarta, Selasa.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Noor mengatakan Program Madrasah Layak Belajar merupakan program utama Baznas. Program ini sejalan dengan dengan visi Baznas menjadi lembaga utama dalam menyejahterakan umat.

Ia juga menyebutkan penyelenggaraan program tersebut juga dalam rangka melaksanakan misi ketiga Baznas, yaitu mendistribusikan dan mengoptimalkan pendayagunaan ZIS untuk pengentasan kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan meningkatkan kesejahteraan.

“Kami meyakini bahwa pendidikan adalah tangga utama seseorang untuk meningkatkan kesejahteraan umat di Indonesia,” ujarnya.

Berdasarkan data Kemenag RI, terdapat sejumlah 217.021 ruang kelas madrasah, dengan kondisi 162.579 kelas dalam kondisi baik, sebanyak 29.465 kelas rusak ringan, 17.787 kelas rusak sedang, dan sebanyak 158 kelas rusak berat .

Berdasarkan hal tersebut pihaknya terpanggil untuk menjadi bagian dari solusi dalam meningkatkan sarana dan prasarana madrasah.

“Insya Allah ke depan kami komitmen untuk terus melakukan kualitas maupun kuantitas. Maka mohon didoakan semoga kinerja Baznas semakin optimal dan semakin banyak menebar manfaat untuk Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Saiful Rahmat Dasuki menyambut baik inisiatif dari Baznas RI ini. Menurutnya, program ini dapat menumbuhkan motivasi semangat belajar siswa-siswi madrasah di seluruh Indonesia.

“Program ini tentunya sangat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas madrasah di masing-masing daerah. Ini menjadi jawaban atas kebutuhan pendidikan anak-anak kita,” tutur Saiful.

Sumber: Antara

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *