Daftar Diet Terbaik 2024, Menurunkan Berat Badan dan Memiliki Badan Sehat

Daftar Diet Terbaik 2024
Daftar Diet Terbaik 2024

Hajinews.co.idMemiliki berat badan ideal merupakan dambaan banyak orang. Jadi, salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan menerapkan program diet.

Di tahun 2024, banyak orang yang lebih sadar kesehatan dan ingin menjaga berat badan seimbang. Siapapun yang kelebihan berat badan bisa makan sehat.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Nah berikut ini program diet terbaik tahun 2024 yang bisa Anda coba. Penasaran dengan daftar program dietnya? Simak pembahasannya pada artikel ini.

Daftar Diet Terbaik di 2024

US News and World Report mengumpulkan panel ahli kesehatan dan nutrisi untuk mencari tahu diet mana yang paling populer. Para ahli kemudian meninjau setiap program diet untuk menentukan apakah program tersebut aman, bergizi, berkelanjutan, dan efektif untuk menurunkan berat badan.

Menurut situs Healthline, para ahli telah memutuskan ada tiga jenis diet terbaik di tahun 2024, yaitu diet Mediterania, diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) dan diet MIND (Mediterranean Invention-DASH for Neurodegenerative Delay). Dengan nilai 85,1 persen, pola makan mediterania menduduki peringkat pertama.

Diet DASH kini menduduki peringkat kedua dengan nilai 75,4 persen. Diet MIND berada di peringkat ketiga dengan 60,7 persen.

Menurut konsultan gizi Barbara Kovalenko, diet Mediterania dapat meningkatkan kesehatan jantung karena penekanannya pada lemak yang menyehatkan jantung, seperti minyak zaitun dan asam lemak omega-3.

“Menerapkan pola makan ini dapat membawa berbagai manfaat kesehatan seperti peningkatan kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan fungsi otak,” kata Kovalenko dilansir Healthline

Diet ini memprioritaskan makanan utuh dan tidak diolah yang menyehatkan tubuh,” jelasnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar diet terbaik di 2024 menurut laporan US News dan World Report:

  • Diet Mediterania
  • Diet DASH
  • Diet MIND
  • Diet Mayo Clinic
  • Diet Flexitarian
  • Diet WeightWatchers (WW)
  • Diet Volumetrics
  • Diet Anti-Peradangan dr. Weil
  • Diet TLC
  • Diet Vegan.

Tips Diet Sehat untuk Pemula

Bagi detikers yang baru memulai program diet, sebaiknya jangan langsung menerapkan pola diet ketat. Sebab, tak semua orang bisa menjalani program diet tersebut hingga tuntas.

Daripada pola diet malah bikin menyiksa diri, sebaiknya kamu menerapkan diet sehat yang sederhana bagi pemula. Seperti apa pola dietnya? Simak dalam artikel ini.

  1. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Tips yang pertama adalah dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin dan nutrisi tinggi. Beberapa buah yang baik dikonsumsi saat diet seperti pisang, apel, jeruk, melon, kiwi, alpukat, hingga pepaya.

Sedangkan sayuran yang bisa kamu konsumsi saat sedang diet di antaranya bayam, brokoli, kale, wortel, hingga jamur. Khusus sayuran, sebaiknya diolah dengan cara direbus agar lebih sehat dan kandungan nutrisinya tidak hilang.

  1. Hindari Makanan Olahan

Salah satu tantangan ketika sedang menjalani diet adalah mengkonsumsi makanan olahan. Perlu diingat, makanan olahan lebih banyak mengandung kalori dan rendah nutrisi, sehingga tidak baik jika dikonsumsi secara terus menerus.

Selain itu, makanan olahan biasanya mengandung gula, garam, dan bahan pengawet dalam jumlah banyak. Jika dikonsumsi secara berlebihan maka bisa memicu gangguan kesehatan seperti penyakit jantung hingga kanker.

  1. Imbangi dengan Olahraga

Diet tak hanya sekadar menjaga pola makan saja, tapi juga perlu diimbangi dengan olahraga rutin. Kamu bisa melakukan olahraga seperti jogging atau berjalan kaki sebanyak 5.000 langkah setiap hari.

Meski terlihat sederhana, tapi jika dilakukan secara rutin maka cukup efektif dalam menurunkan berat badan sekaligus membuat tubuh jadi lebih sehat dan bugar.

Itu dia daftar program diet terbaik di 2024. So, ingin menerapkan pola diet yang mana?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *