14 Makanan Kaya Kolagen Untuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Makanan Kaya Kolagen

Hajinews.co.idMakanan kaya kolagen bermanfaat untuk menjaga kondisi kulit, persendian, tulang, otot, pembuluh darah, dan rambut.

Selain itu, kolagen juga bermanfaat untuk pembekuan darah, menggantikan sel kulit mati dengan yang baru, dan menutupi organ vital.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Kutipan dari WebMD (12/7/2023): Kolagen adalah protein yang terdapat pada tulang, otot, dan darah. Kolagen membentuk tiga perempat kulit dan sepertiga protein tubuh.

Seiring bertambahnya usia, kolagen dalam tubuh rusak dan sulit diproduksi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang membantu tubuh memproduksi kolagen.

Lantas, makanan kaya kolagen apa saja yang bermanfaat bagi tubuh?

14 makanan kaya kolagen

Untuk meningkatkan produksi kolagen demi kesehatan kulit, mengonsumsi bubuk, suplemen, atau minuman kolagen mungkin menjadi alternatif yang lebih mudah dilakukan.

Namun, produk kolagen berisiko tidak aman bagi tubuh karena ada potensi terkontaminasi. Kebenaran iformasi kandungan kolagen dalam produk tersebut juga tidak terjamin.

Karena itu, berikut Kompas.com rekomendasikan beberapa makanan yang kaya kolagen dan dapat membantu tubuh memproduksi kolagen.

  1. Kaldu

Dikutip dari Healthline (5/7/2024), tulang rebus menghasilkan kaldu yang kaya kolagen. Kaldu tulang sapi adalah sumber kolagen tipe 1 yang bermanfaat menguatkan kulit, tulang, ligamen, dan tendon

Manfaat itu didapat karena kaldu tulang mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, asam amino, dan banyak nutrisi lainnya.

  1. Ayam

Selain sapi, ayam juga kaya kolagen. Ini karena unggas tersebut memilliki banyak jaringan ikat pada tubuhnya.

Studi menunjukkan, tulang dan tulang rawan ayam adalah sumber kolagen untuk meredakan radang sendi dan peradangan. Selain itu, daging paha ayam lebih kaya kolagen daripada daging dada. Namun, pastikan ayam yang dikonsumsi memiliki kualitas baik.

  1. Ikan

Ikan juga kaya kolagen dari tulang dan ligamennya. Studi menunjukkan, kolagen ikan mungkin lebih mudah diserap tubuh dan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan elastisitas kulit.

Namun, perlu diketahui daging ikan mengandung lebih sedikit kolagen daripada bagian lain. Sebaliknya, kepala, sisik, atau bola mata ikan paling banyak mengandung kolagen.

  1. Putih telur

Telur tidak tidak mengandung jaringan ikat seperti banyak produk hewani lain yang kaya kolagen. Namun, putih telur memiliki jumlah prolin yang relatif tinggi. Ini adalah salah satu asam amino yang diperlukan untuk memproduksi kolagen.

  1. Buah jeruk

Vitamin C dalam buah jeruk seperti jeruk bali, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis juga dapat membantu pembentukan kolagen.

  1. Buah beri

Seperti jeruk yang kaya vitamin C dan bantu menghasilkan kolagen, buah beri seperti setoberi, rasberi, bluberry, dan blackberry pun memiliki manfaat yang sama dengan jeruk.

Buah beri juga kaya antioksidan sehingga mampu melindungi kulit dari kerusakan.

  1. Buah tropis

Buah tropis seperti mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji juga kaya vitamin C. Sementara jambu biji juga mengandung seng yang mendukung produksi kolagen.

  1. Bawang putih

Tak hanya bumbu penyedap makanan, bawang putih dapat meningkatkan produksi kolagen.

Manfaat ini didapat karena bawang kaya sulfur yang bantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen.

  1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung mendapatkan warnanya dari klorofil yang dikenal sebagai antioksidan. Penelitian menunjukkan, konsumsi klorofil meningkatkan prekursor kolagen di kulit.

  1. Kacang

Kacang-kacangan termasuk makanan tinggi protein seperti lisin, serta mengandung seng dan tembaga. Nutrisi ini diperlukan untuk produksi kolagen.

  1. Tomat dan paprika

Selain jeruk, tomat dan paprika juga sumber vitamin C. Nutrisi ini penting untuk sintesis kolagen. Tomat juga mengandung banyak likopen yang mendukung kesehatan kulit.

  1. Jeroan

Dilansir dari Eating Well (15/8/2023), kolagen tipe I secara alami terkandung dalam jeroan hewan, seperti hati, jantung, otak, dan ginjal.

Oleh karena itu, jeroan dianjurkan dimakan untuk menambah kolagen bagi yang bisa mengonsumsinya.

  1. Brokoli

Selain sayuran berdaun hijau, secangkir brokoli mampu memenuhi kebutuhan vitamin C sehari penuh. Vitamin C dalam brokoli berperan penting membentuk kolagen.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya mampu mengatasi kulit terbakar. Mengonsumsi lidah buaya juga bermanfaat bagi kulit.

Studi menunjukkan, konsumsi 40 mikrogram lidah buaya mampu meningkatkan kandungan kolagen di lapisan dermis kulit.

Untuk meningkatkan kelembapan, dan elastisitas kulit dengan kolagen, makanan-makanan di atas sangat dianjurkan dikonsumsi secara rutin.

Nah, itulah 14 makanan kaya kolagen yang ampuh menjaga kesehatan dan mencegah penuaan dini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *