Alhamdulillah, Jemaah Indonesia Selamat dari Serangan Jantung Usai Ditolong Palang Merah Saudi

Alhamdulillah, Jemaah Indonesia Selamat dari Serangan Jantung Usai Ditolong Palang Merah Saudi (foto ist)

Hajinews.co.id — Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi (SRCA) berhasil menyelamatkan nyawa seorang jemaah umroh asal Indonesia yang mengalami serangan jantung di wilayah suci Al-Masaa, Masjidil Haram. Ia adalah seorang pria paruh baya berusia 50 tahun.

Melansir Saudi Gazette, tim darurat SRCA tiba di lokasi dalam waktu empat menit setelah kejadian. Mereka menemukan pria tersebut dalam kondisi tidak sadarkan diri dan tidak bernapas.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dengan cepat, tim medis melakukan resusitasi kardiopulmoner (CPR) dan menggunakan AED untuk memberikan sengatan listrik. Bulan Sabit Merah Saudi akhirnya berhasil memulihkan detak jantung pria tersebut.

Setelah kondisinya stabil, jemaah umroh itu dibawa ke Rumah Sakit Darurat Ajyad untuk perawatan lebih lanjut. Ketersediaan 15 perangkat AED di dalam Masjidil Haram mencerminkan komitmen kuat pemerintah Saudi terhadap keselamatan peziarah, memungkinkan respons darurat yang cepat dan meningkatkan peluang kelangsungan hidup dalam situasi kritis.

Insiden ini menunjukkan peran penting Defibrillator Eksternal Otomatis (AED) yang ditempatkan secara strategis di seluruh area Masjid Agung.

Sumber: Detikcom

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *