Karir Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Moncer Ditarik PBB untuk Jadi Utusan Khusus

Karir Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Moncer Ditarik PBB untuk Jadi Utusan Khusus (foto ist)

Hajinews.co.id — Karir Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi moncer di penghujung jabatannya sebagai Menteri Luar Negeri RI.

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) merekrut Retno Marsudi untuk menjadi Special Envoy of the UN Secretary-General on Water atau Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Isu Air.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Penunjukan Retno Marsudi langsung dilakukan oleh Sekjen PBB Antonio Guterres dan diumumkan oleh Menteri Luar Negeri RI tersebut pada Sabtu (14/9/2024).

“Kehormatan bagi saya dan Indonesia ditunjuk oleh Sekjen PBB @antonioguterres sebagai Special Envoy of the UN Secretary-General on Water / Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Isu Air,” tulis Retno Marsudi.

Kata Retno, penunjukkan Utus Sekjen PBB untuk Isu Air ini baru pertama kali dilakukan dan untuk pertama kalinya juga orang Indonesia mendapat kepercayaan menjadi Utusan Khusus Sekjen PBB.

Retno Marsudi mengatakan bahwa dirinya akan secara resmi mulai bekerja pada 1 November 2024 setelah tanggung jawab sebagai Menteri Luar Negeri RI selesai.

Wanita yang kerap lantang bersuara soal Kemerdekaan Palestina itu pun memohon doa restu dari masyarakat Indonesia untuk jabatan barunya nanti.

“Bismillah dan mohon doa restu,” harap Retno.

Sebelumnya Retno Marsudi juga pamit dalam Rapat Kerja Kemlu RI & Komisi I DPR RI yang membahas Rencana Kerja Anggaran (RKA) Kemlu tahun 2025 pada Kamis (12/9/2024).

Rapat itu merupakan pertemuan terakhir antara Kemlu & Komisi I DPR untuk masa bakti dirinya sebagai Menteri Luar Negeri RI.

“Saya pamit.. Terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan DPR RI bagi diplomasi Indonesia,” tulisnya.

Retno Marsudi pun menitipkan isu Palestina kepada seluruh anggota Komisi I DPR yang akan mengemban amanah di periode mendatang.

Retno Marsudi memohon agar Indonesia jangan pernah meninggalkan bangsa Palestina berjuang sendirian.

”Saya titipkan isu Palestina.. Jangan tinggalkan bangsa Palestina berjuang sendirian di tengah hak-hak mereka dirampas. Dan jangan pernah lelah mencintai Indonesia & berbuat baik untuk Indonesia,” tulisnya.

Sumber: Tribunnews

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *