11 Minuman Efektif dan Enak untuk Menurunkan Kolesterol!

Minuman Efektif untuk Menurunkan Kolesterol
Minuman Kedelai

Hajinews.co.idKolesterol merupakan faktor risiko berkembangnya sejumlah penyakit seperti obesitas, jantung, stroke, dan kematian. Langkah-langkah pencegahan termasuk makan sehat dan olahraga.

Selain makanan, orang yang lapar juga tidak boleh minum sembarangan. Untuk menunjang diet Anda, ada 11 minuman penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi. Minuman ini efektif dan enak.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Aneka Minuman Penurun Kolesterol

Dirangkum dari laman Healthline, Medical News Today, dan Florida Premier Cardiology, berikut 11 minuman penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi:

  1. Teh Hijau

Teh terkenal memiliki khasiat yang baik untuk diet. Jenis teh terbaik untuk diet adalah teh hijau yang diproses berbeda sehingga dapat mempertahankan khasiat alaminya. Kandungan katekin pada teh hijau merupakan antioksidan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

  1. Air Kayu Manis

Air rebusan kayu manis memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, di antaranya menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, dan memerangi berbagai penyakit.

Untuk membuatnya, rebuslah batang kayu manis selama sekitar 5-7 menit, kemudian saring dan tambahkan sedikit lemon, madu, atau jahe. Minum saat hangat.

  1. Air Lemon

Air lemon hangat atau dingin bisa dimanfaatkan sebagai minuman penurun kolesterol. Kandungan vitamin C yang kaya pada lemon juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Agar lebih nikmat, campurlah dengan sedikit madu untuk memberikan rasa dan manfaat lebih. Untuk hasil optimal, minumlah saat pagi hari, karena metabolisme tubuh sedang bekerja dengan baik.

  1. Jus Buah

Minuman penurun kolesterol selanjutnya adalah jus buah. Beberapa buah yang efektif menurunkan lemak antara lain:

Apel. Serat larutnya baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Jangan hilangkan seratnya setelah dijus.

Delima. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Buah berry, seperti blackberry, blueberry, raspberry, dan stroberi. Buah beri tak hanya kaya serat larut, tetapi juga rendah gula sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes.

Alpukat. Buah ini mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat menurunkan kolesterol jahat dengan ampuh.

  1. Jus Sayur Hijau

Tak hanya jus buah, jus sayur hijau pun baik untuk menurunkan kolesterol. Meski bertekstur ringan, serat pada sayuran juga bisa membuat perut kenyang. Hal ini baik agar kita tak perlu makan cemilan yang tidak sehat untuk mengisi perut.

  1. Kunyit Asam

Indonesia kaya akan rempah-rempah. Salah satu yang baik untuk diet adalah kunyit asam. Dikutip dari buku Produksi Makanan dan Minuman Herbal (2021) oleh Dra Wisnuwati, MPd, Bahan-bahan untuk membuat minuman kunyit asam adalah kunyit, asam jawa, gula jawa, dan sedikit garam.

Kandungannya antara lain zat kurkumin, minyak atsiri dengan kandungan antiinflamasi, vitamin C, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor dan zat besi. Kombinasi bahan-bahan ini membantu memperbaiki metabolisme tubuh dan menjaga keseimbangan berat badan.

  1. Ramuan Galian Singset

Minuman rempah-rempah atau jamu lainnya adalah ramuan galian singset yang membantu tubuh agar menjadi singset atau langsing. Dilansir dari buku Ramuan Jamu Tradisional untuk Kebugaran & Kesehatan oleh Cahaya Novianti, bahan ramuan ini adalah kunyit, kencur, temu lawak, temu giring, hingga lempuyang.

  1. Minuman Kedelai

Kedelai biasa dimanfaatkan untuk menggantikan makanan yang mengandung lemak jenuh dari bahan hewani. Kedelai juga bisa dibuat minuman penurun kolesterol. Olahan kedelai antara lain susu kedelai atau minuman kedelai lainnya.

  1. Smoothie Susu Nabati

Susu nabati seperti susu kedelai dapat diolah menjadi smoothie yang enak dicampur berbagai macam buah dan sayur, seperti pisang, anggur, plum, melon, mangga, kangkung, bayam, atau labu kuning.

  1. Minuman Kakao

Minuman kakao memiliki kandungan kolesterol HDL-nya lebih tinggi. Jika membeli produk minuman cokelat kemasan, lihat juga kadar nutrisinya. Pilihlah yang tidak mengandung lemak jenuh serta rendah gula dan garam.

  1. Minuman Gandum

Minuman penurun kolesterol selanjutnya adalah minuman gandum, misalnya susu gandum. Pilihlah minuman gandum atau oat yang memiliki kandungan beta-glucan.

Kandungan beta-glucan ini dapat menciptakan zat mirip gel di dalam usus yang bisa berinteraksi dengan garam empedu. Serat larut dalam gandum berfungsi menghambat penyerapan kolesterol dan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

Nah, itulah 11 minuman penurun kolesterol yang efektif untuk diet. Minuman ini enak, sehingga tidak membuat pelaku diet tersiksa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *