Pengamat: Pembentukan Kabinet Zaken Butuh Keberanian Prabowo

Hajinews.co.id — Pembentukan kabinet zaken dinilai butuh keberanian presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto. Terlebih Prabowo perlu mengakomodir para partai politik (parpol) yang mendukungnya.

“Kalau Prabowo memang ingin membentuk zaken kabinet, maka harus berani menolak calon yang diusulkan setiap partai bila tidak ahli dan profesional di bidangnya,” kata pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul M Jamiluddin Ritonga.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dia menekankan Prabowo didukung koalisi gemuk. Setiap partai pendukung akan meminta jatah menteri atau wakil menteri.

“Jadi, dengan koalisi gemuk akan menyulitkan Prabowo membentuk zaken kabinet. Hal ini akan semakin sulit karena yang menentukan calon menteri atau wakil menteri untuk diusulkan ke presiden adalah ketua umum partai,” ujar Jamiluddin.

Ketua umum parpol, kata dia, juga cenderung mendahulukan dirinya untuk diusulkan menjadi menteri atau wakil menteri. Padahal, ketua umum belum tentu profesional dan ahli di bidang yang diminta presiden.

Ketua umum parpol, kata dia, juga cenderung mendahulukan dirinya untuk diusulkan menjadi menteri atau wakil menteri. Padahal, ketua umum belum tentu profesional dan ahli di bidang yang diminta presiden.

“Akibatnya, presiden tetap memilih calon yang diusulkan ketua umum setiap partai pendukung, terlepas calon tersebut ahli dan profesional atau tidak. Hal ini tentunya akan menyulitkan Prabowo membentuk zaken kabinet,” ujar Jamiluddin.

Dia menuturkan kalau Prabowo nantinya benar membentuk zaken kabinet layak diapresiasi. Dengan begitu, lanjut Jamiluddin, setiap kementerian benar-benar dipimpin seorang profesional dan ahli di bidangnya.

“Menteri yang ahli dan profesional diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja kementerian yang dipimpinnya. Setidaknya tugas dan fungsi kementerian yang pimpinannya berpeluang dapat diwujudkan lebih optimal,” jelas Jamiluddin.

Sumber:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *