Surga ‘Adn dan Kenikmatan Penghuninya

Surga 'Adn
Surga 'Adn

Hajinews.co.id – Surga Adn, salah satu hamparan surga yang menawarkan keindahan dan keistimewaan bagi yang memasukinya. Surga ini juga disebutkan 11 kali dalam Al-Qur’an.

Surga berasal dari kata Arab Jannah yang berarti taman bunga atau tempat segala kenikmatan di akhirat. Selanjutnya jannah diartikan sebagai sesuatu yang tersembunyi atau tertutup, karena Surga tidak terlihat oleh mata dan tertutup bagi pandangan manusia.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Surga mempunyai banyak tingkatan yang masing-masing mempunyai kelebihan dan keindahan tersendiri. Meski sebenarnya hanya ada satu, namun setiap tingkatan memiliki nama masing-masing. Salah satunya adalah surga Adn.

Dikutip dari buku Tafsir Al-quran Tematik: Keniscayaan Hari Akhir oleh Kementerian Agama RI, surga ‘Adn atau Jannah ‘Adn disebut sebanyak 11 kali dalam Al-Qur’an, antara lain dalam firman Allah SWT:

جَنّٰتِ عَدْنِ ࣙالَّتِيْ وَعَدَ الرَّحْمٰنُ عِبَادَهٗ بِالْغَيْبِۗ اِنَّهٗ كَانَ وَعْدُهٗ مَأْتِيًّا

Arab latin: jannâti ‘adninillatî wa’adar-raḫmânu ‘ibâdahû bil-ghaîb, innahû kâna wa’duhû ma’tiyyâ

Artinya: Yaitu surga ‘Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pengasih kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak tampak. Sungguh, (janji Allah) itu pasti ditepati. (Maryam: 61)

Terkait dengan ayat tersebut, Allah SWT telah berjanji untuk memberikan surga ‘Adn kepada hamba-hamba-Nya yang beriman.

Menurut Abdullah Syafi’ie dalam bukunya yang bertajuk Megahnya Surga, di dalam surga ‘Adn terdapat sungai-sungai kecil yang menambah keindahan pemandangan, sehingga para penghuni surga merasakan kedamaian dan ketenteraman.

Selain itu, surga ‘Adn juga dikelilingi oleh taman-taman dan kebun-kebun yang sangat indah dan hijau. Bunga-bunga di taman tersebut memancarkan aroma khas surga ‘Adn, yang membuat seluruh tempat wangi.

Para penghuni surga ‘Adn juga benar-benar dimanjakan oleh Allah SWT. Mereka tidak hanya menerima fasilitas yang sangat lengkap, tetapi juga dihiasi dengan perhiasan dari emas dan mutiara.

Di surga ‘Adn mereka juga mendapatkan pakaian sutra yang sangat berharga. Semua kenikmatan ini diberikan oleh Allah SWT tanpa biaya.

Allah SWT berfirman:

جَنّٰتُ عَدْنٍ يَّدْخُلُوْنَهَا يُحَلَّوْنَ فِيْهَا مِنْ اَسَاوِرَ مِنْ ذَهَبٍ وَّلُؤْلُؤًاۚ وَلِبَاسُهُمْ فِيْهَا حَرِيْرٌ

Arab latin: jannâtu ‘adniy yadkhulûnahâ yuḫallauna fîhâ min asâwira min dzahabiw wa lu’lu’â, wa libâsuhum fîhâ ḫarîr

Artinya: (Balasan mereka di akhirat adalah) surga ‘Adn yang mereka masuki. Di dalamnya mereka dihiasi gelang-gelang dari emas dan mutiara. Pakaian mereka di dalamnya adalah sutra.

Merujuk pada sumber sebelumnya, ada dua surga di mana seluruh peralatan dan bejana yang ada di dalamnya terbuat dari perak, dan ada pula dua surga di mana seluruh bejana dan peralatan terbuat dari emas. Di antara keempat surga itu adalah surga ‘Adn.

Dalam surga ‘Adn pun tidak ada penghalang antara manusia dan Allah SWT. Hal ini diperkuat oleh sebuah hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim dari Abu Musa al-Asy’ari:

جَنَّتَانِ مِنْ فِضَّةٍ آنَيْتُهُمَا وَمَا فِيهِمَا، وَجَنَّتَانِ مِنْ ذَهَبٍ آنِيَتُهُمَا وَمَا فِيهِمَا، وَمَا بَيْنَ الْقَوْمِ وَبَيْنَ أَنْ يَنْظُرُوا إِلَى رَبِّهِمْ إِلَّا رِدَاءُ الْكِبْرِ عَلَى وَجْهِهِ فِي

جَنَّةِ عَدْنٍ. (رواه البخاري ومسلم عن قيس

Artinya: “Ada dua surga yang seluruh bejana dan yang ada di dalamnya terbuat dari perak, dan ada pula dua surga yang seluruh bejana dan yang ada di dalamnya terbuat dari emas. Antara manusia dan Tuhan-Nya di surga ‘Adn tidak ada penghalang untuk dapat melihat-Nya.” (HR Al- Bukhārī dan Muslim dari Qais).

Pintu-pintu surga dalam Al-Qur’an digambarkan sangat luas, yang akan banyak malaikat memasuki setiap pintu untuk memberi salam kepada penghuni surga. Luas pintu-pintu ini tidak dijelaskan secara rinci dalam Al-Qur’an, tetapi yang pasti, setiap pintu cukup besar untuk dilalui oleh malaikat dan penghuni surga.

Dalam surat Sad ayat 49-50, Allah SWT berfirman:

هُذَا ذِكْرُ وَإِنَّ لِلْمُتَّقِينَ لَحُسْنَ مَابٍ جَنَّتِ عَدْنٍ مُفَتَّحَةً لَهُمُ الْأَبْوَابُ

“Ini adalah kehormatan (bagi mereka). Dan sungguh, bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) tempat kembali yang terbaik, (yaitu) surga Adn yang pintu-pintunya terbuka bagi mereka.” (Sād/38: 49-50).

Pintu-pintu surga terbuka lebar sebagai bentuk sambutan dan kehormatan bagi mereka yang memasukinya, terutama untuk orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Semoga kita bisa merasakan keindahan dari surga ‘Adn ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *