Situasi Timur Tengah Memanas, Kemenlu Imbau WNI Tak Pergi ke Lebanon, Israel, Iran dan Palestina

banner 400x400

Hajinews.co.id — Kementerian Luar Negeri RI meminta agar warga negara Indonesia (WNI) tidak bepergian ke empat negara yakni Israel, Iran, Lebanon, dan Palestina mengingat konflik empat negara tersebut semakin memanas.

“Bagi WNI yang memiliki rencana bepergian ke Lebanon, Iran, Israel dan Palestina agar menunda perjalanan hingga situasi aman,” ujar Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Judha Nugraha, dalam pesan singkat, Rabu (25/9/2024).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Kemlu juga mengingatkan agar para WNI yang berada di empat negara ini bisa meningkatkan kewaspadaan.

WNI diminta menjauhi lokasi rawan dan membatasi bepergian non esensial.

Judha menyebut, jumlah WNI di Lebanon saat ini mencapai 159 orang.

“Sejak penetapan Siaga 1, Kemlu dan KBRI Beirut telah memfasilitasi evakuasi WNI dari Lebanon sebanyak 25 orang. Sedangkan mayoritas lainnya memilih untuk tetap tinggal di Lebanon karena alasan pribadi. Mereka mayoritas adalah mahasiswa dan WNI yang menikah dengan warga setempat,” imbuh dia.

Sebagai informasi, serangan Israel di Lebanon pada Senin (23/9/2024) menewaskan sebanyak 492 orang, termasuk lebih dari 90 wanita dan anak-anak.

Menurut otoritas Lebanon, ini menjadi serangan paling mematikan sejak perang Israel-Hizbullah pada 2006.

Sebelumnya, militer Israel telah memperingatkan penduduk di Lebanon selatan dan timur untuk mengungsi menjelang perluasan kampanye udara terhadap kelompok Hizbullah.

Akibatnya, ribuan warga Lebanon mengungsi ke selatan, dan jalan raya utama keluar dari kota pelabuhan selatan Sidon macet dengan mobil-mobil yang menuju Beirut dalam eksodus terbesar sejak 2006.

Kementerian kesehatan Lebanon mengatakan serangan itu menewaskan 492 orang, termasuk 35 anak-anak dan 58 wanita, dan melukai 1.645 orang lainnya.

Sumber: Kompas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *