Hikmah Pagi : Indahnya Bersabar…

Indahnya Bersabar

Hajinews.co.idSabar, sebuah kata sederhana namun penuh makna mendalam. Bukan sekedar menahan rasa keluhan atau putus asa, tapi menjadi kekuatan yang mampu membawa kedamaian dalam segala cobaan hidup.

Indahnya kesabaran tidak hanya terwujud dalam kedamaian jasmani, namun juga dalam lubuk hati yang ikhlas menerima segala takdir yang diberikan Allah.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Pepohonan yang tumbuh di pinggir hutan merasakan angin yang semakin kencang. Namun, bangunan itu tidak runtuh; Sebaliknya dia menari mengikuti angin. Itulah kesabaran, ibarat pohon yang tetap tegar meski diterpa badai. Kesabaran mampu tetap tegar di tengah cobaan dan menghindarkan akar hati terkoyak oleh badai kehidupan.

Sabar Bukanlah Kebodohan, Tetapi Kebijaksanaan Jiwa

Ada yang mengira bahwa sabar adalah kebodohan, tetapi sebenarnya, sabar adalah kebijaksanaan jiwa. Ketika kita bersabar, kita tidak hanya menahan diri dari keluhan, tetapi kita juga sedang memberikan kesempatan kepada hati untuk tumbuh dalam ketenangan dan kebijaksanaan. Sabar bukanlah kekalahan, melainkan keberanian untuk menghadapi setiap rintangan.

Sabar dalam Rasa Sakit, Ia adalah Obat yang Tidak Terlihat

Rasa sakit adalah pengiring setia hidup, namun sabar adalah obat yang tidak terlihat. Saat tubuh terasa lelah dan pikiran penuh dengan kekhawatiran, sabar adalah kesejukan yang mengalir dalam dada. Ia membawa harapan bahwa setiap ujian adalah jalan menuju kesembuhan, dan setiap sakit adalah peluang untuk bersabar dan bertumbuh.

Sabar adalah Pelita di Tengah Kegelapan Hati

Ketika hati terasa gelap oleh kekecewaan dan kesedihan, sabar adalah pelita yang menerangi kegelapan. Ia membawa cahaya yang memandu langkah kita melalui lorong-lorong kesulitan. Dalam sabar, kita menemukan ketenangan dan kekuatan untuk melangkah maju, meskipun jalan terasa sulit.

وَاللّٰهُ يُحِبُّ الصّٰبِرِيْنَ

“Allah mencintai orang-orang yang sabar.” (QS. Ali Imran: 146)

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah: 153)

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اصْبِرُوْا وَصَابِرُوْا وَرَابِطُوْاۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ ࣖ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” (QS. Ali Imran: 200)

Wallahu A’lam Bishawab

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *