Hikmah Siang : 6 Amalan Hari Jumat pada Bulan Rajab

sunnah jumat

Hajinews.id- Hari jumat merupakan salah satu hari terbaik dengan berbagai amalan yang mendatangkan pahala. Sedangkan bulan Rajab merupakan salah satu dari 4 bulan yang mulia. Jika dua momen ini digabungkan maka akan ada banyak keistimewaan dan keberkahan yang kita dapatkan sebagai seorang muslim.

Lalu apa saja amalan pada hari jumat di bulan Rajab yang dapat diamalkan?

Bacaan Lainnya
banner 400x400

1. Menunaikan Salat Sunnah Setelah Salat Jumat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila kalian telah selesai mengerjakan salat Jumat, maka salatlah 4 rakaat.”

2. Memperbanyak Dzikir dan Mengingat Allah

Allah SAW berfirman dalam Surat Al-Jumuah ayat 9 yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al Jumu’ah : 9).

3. Membaca Surah Al Kahfi

Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra dalam hadist riwayat Hakim dalam Al-Mustadrok, bahwa Nabi SAW bersabda:

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jumat.” (HR Hakim dalam Al-Mustadrok).

4. Memperbanyak Doa

Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan salat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.”

5. Perbanyak Shalawat Nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”.

6. Memakai Pakaian Terbaik

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk salat Jumat, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani)

Itulah 6 amalan hari Jumat pada bulan Rajab yang dianjurkan untuk dikerjakan.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *