Wagub DKI: Alhamdulillah, Kita Masih Bisa Kendalikan Banjir, Walau Curah Hujan Tinggi

Wakil Gubernur DKI- Ahmad Riza Patria *Tempo
banner 400x400

Hajinews — Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersyukur ibu kota tidak mengalami banjir parah seperti pada awal tahun lalu.

Ia menyebut hal ini merupakan buah dari upaya Pemprov DKI mengendalikan dampak musim hujan yang dilakukan dari jauh – jauh hari. Bahkan pengerjaannya masih terus berlangsung sampai sekarang.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Alhamdulillah sampai hari ini kita masih bersyukur bisa mengendalikan banjir, yang seharusnya melihat dari debit curah hujan yang tinggi dalam beberapa minggu ini di Jakarta sudah banjir sebagaimana tahun tahun sebelumnya, karena berbagai upaya memberikan hasil yang cukup baik,” kata Riza kepada wartawan, Jakarta, kemarin.

Upaya yang dilakukan Pemprov DKI, kata Riza, antara lain membuat kolam olakan air sebagai penampungan air hujan agar tidak menggenangi jalan.

Pemprov DKI juga menggencarkan kegiatan grebek lumpur alias mengeruk lumpur guna menambah daya tampung air di dalam sungai, waduk, situ atau embung.

Selain itu, pengendalian banjir juga dilakukan lewat pembuatan sodetan kali atau sungai. Sehingga bisa mengatur keluar masuknya air agar tidak menggenangi suatu tempat atau pemukiman penduduk.

“Jadi itu beberapa upaya yang berbeda dari sebelumnya. Di samping tentu upaya lainnya yang sudah dilakukan, (seperti) normalisasi, naturalisasi, kemudian menyiapkan pompa stationer, pompa mobile juga kami siapkan di periode ini. Berbagai upaya ini kami lakukan semaksimal mungkin,” ucapnya. (dbs).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *