Frasa ‘Agama’ Lenyap dari Peta Jalan Pendidikan Nasional, MUI: Kok Bisa Kelupaan Ya, Akhlak Apa Tanpa Agama?

Frasa 'Agama' Lenyap dari Peta Jalan Pendidikan Nasional, MUI: Kok Bisa Kelupaan Ya, Akhlak Apa Tanpa Agama?
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis
Hajinews – Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah meluncurkan Peta Jalan Pendidikan Nasional (PJPN) 2020-2035.

Rumusan PJPN ini dimaksudkan untuk mempermudah pengejawantahan salah satu tujuan nasional yang tertuang dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yakni “mencerdaskan kehidupan bangsa’.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Namun, seiring diluncurkannya rumusan PJPN itu, banyak pihak justru mengkritik pemerintah dalam hal ini Kemendikbud lantaran hilangnya frasa ‘agama‘ dari PJPN tersebut.

Sebelumya, Pengurus Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah) mempertanyakan ihwal absennya diksi ‘agama‘ dari visi pendidikan 2035 itu.

Haedar Nashir yang juga merupakan Ketua Umum PP Muhammadiyah mengatakan, justru dengan hilangnya ‘agama‘ dari Peta Jalan Pendidikan Nasional adalah bentuk melawan konstitusi karena pada dasarnya segala kebijakan berpijak pada Pancasila.

Kini, salah satu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis turut buka suara perihal hilangnya frasa ‘agama‘ dalam PJPN atau visi Pendidikan Nasional 2035.

Cholil mempertanyakan mengapa bisa rumusan PJPN dilepaskan dari ‘agama‘ padahal ‘agama’ sendiri terdapat dalam Pancasila dan UUD 1945.

“Ko’ bisa kelupaan ya pada agama. Bukankah itu ada dalam pancasila, UUD 1945 bahwa pendidikan agama itu dasar kita,” ujarnya melalui Twitter pribadinya @cholilnafis Senin, 8 Maret 2021.

“Akhlak apa tanpa agama?, dan kebudayaan apa yang hendak kita bangun?,” lanjutnya.

Selanjutnya menurut dia, kalau dasar negara Indonesia adalah pancasila, sudah pasti agama masuk dalam Peta Jalan Pendidikan Indonesia.

“Kalau dasar negara kita pancasila, tentu frasa agama auto masuk dalam peta jalan pendidikan Indonesia,” tandasnya.

Ko’ bisa kelupaan ya pd agama. Bukankah itu ada dlm pancasila, UUD 1945 bahwa pendidikan agama itu dasar kita
Akhlak apa yg tanpa agama? Dan kebudayaan apa yg hendak kita bangun?
Klo dasar negara kita Pancasila tentu frasa agama auto masuk dlm peta jalan pendidikan Indonesia— cholil nafis (@cholilnafis) March 8, 2021

Kendati begitu, kritik yang terus berdatangan atas diluncurkannya rumusan ini seperti datang dari MUI dan Muhammadiyyah, Pemerintah khususnya Kemendikbud dalam keteranganya mengatakan bahwa masih terbuka peluang untuk penyempurnaan Peta Jalan Pendidikan Nasional ini.

Salah satunya dengan menerima masukan dan kritik dari segenap elemen bangsa untuk nantinya diberlakukan

Sumber: galamedia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *