Info Haji 2021! Menag: Tidak Ada Keterangan Syarat Wajib Vaksinasi bagi Jemaah Haji

banner 400x400

Jakarta, Hajinews.id- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengaku telah mendengar kabar terkait syarat vaksinasi Covid-19 bagi jemaah Haji. Namun, dia belum dapat mengkonfirmasi apakah hal itu bersifat umum atau terbatas pihak internal Saudi.

“Dalam berita, kan, tidak ada penegasan syarat vaksin itu apakah untuk persiapan internal Saudi ataukah juga merupakan pesan buat negara pengirim jemaah lainnya. Tidak ada keterangan tentang itu,” kata Yaqut dalam keterangan pers diterima, Selasa (9/3).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Hal senada disampaikan Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali. Menurutnya, pernyataan Menteri Kesehatan Saudi bukan kepada jemaah haji tapi terkait petugas medis internal Kemenkes Saudi yang akan berpartisipasi pada musim haji tahun 2021.

“Saya sudah koordinasi dengan pihak Kemenkes Saudi dan Jubir Kemenhaj bahwa untuk petugas haji dari luar Saudi dan jemaah haji luar Saudi belum ada pernyataan terkait vaksin ataupun yang lainnya,” jelas Endang.

Persiapan penyelenggaraan ibadah haji Indonesia terus dilakukan. Yaqut merinci, sejumlah dokumen jemaah terus dilakukan pemberkasan bertahap, termasuk Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang juga mulai dibahas bersama dengan Komisi VIII DPR RI.

“Tim manajemen krisis yang dibentuk Menag pada akhir Desember 2020 juga terus bekerja mempersiapkan beragam skenario. Demikian juga koordinasi dengan pihak Saudi, terus dilakukan melalui Konsul Haji KJRI Jeddah,” ungkap Yaqut.

Yaqut menegaskan kepastian jemaah haji Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci sepenuhnya adalah keputusan pihak Saudi. Sebab sampai saat ini, belum ada informasi resmi dari pemerintah Arab terkait kepastian penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M.

“Kita masih menunggu,” tutup Yaqut.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *