Siap-siap! Biaya Haji 2021 Naik

haji
banner 400x400

Hajinews.id – Biaya perjalanan haji 2021 dipastikan mengalami kenaikan. Ada beberapa variabel yang mempengaruhi pembiayaan sehingga diperlukan penyesuaian BPIH (biaya penyelenggaraan ibadah haji).

Menteri Agama meminta masyarakat paham dengan kenaikan harga itu. Setidaknya, ada empat faktor pembuat ongkos haji naik.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Terdapat empat variabel yang paling berpengaruh yaitu kuota, protokol kesehatan, pajak tambahan, dan kurs,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kompleks DPR/MPR RI, Jakarta Selatan, Senin (15/3).

Yaqut menjelaskan, salah satu faktor pemberat biaya adalah penetapan protokol kesehatan pada aspek transportasi. Hal itu sama sekali tidak bisa dinegosiasikan untuk dimurahkan. Meski begitu, pemerintah sedang mengatur cara agar harganya bisa lebih murah

“Kami berharap ada kesepahaman atau sinkronisasi antara ketentuan protokol kesehatan dari Kemenkes dan penerapannya dalam kegiatan transportasi menurut kementerian perhubungan terutama menyangkut jarak fisik, dan persyaratan tes swab,” tuturnya

Sementara, Yaqut tidak bisa memerinci total ongkos untuk jamaah bisa berangkat ke Tanah Suci pada 2021. Hal itu tergantung dari pemberian kuota haji yang diberikan pemerintah Arab Saudi.

“Secara matematis semakin kecil kuota jamaah yang diberangkatkan maka semakin besar beban biaya per orangnya,” tutur Yaqut.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *