Tips Aman Berobat di Rumah Sakit Selama Masa Pandemi Covid-19

Petugas medis di Rumah Sakit Wuhan China menangani pasien pengidap virus corona. (Foto: AFP)
banner 400x400

 

Hajinews.id – Selama masa pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia telah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, terutama jika hal tersebut bersinggungan dengan banyak orang atau berada di tengah kerumunan. Baik kegiatan beribadah, bekerja, dan belajar.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Namun saat kita merasa sakit atau perlu mendapat layanan kesehatan, tentu hal ini harus mendapat penanganan segera. Mau tidak mau kita harus pergi ke Rumah Sakit. Bertepatan dengan masa pandemi, terkadang muncullah kekhawatiran saat hendak pergi ke Rumah Sakit.

Namun anda tak perlu merasa cemas berlebihan karena mayoritas Rumah Sakit sudah menerapkan protokol kesehatan. dr Lies Nugrohowati MARS dari RS Hermina Depok dalam diskusi darling pada 6 Mei lalu menjelaskan bahwa petugas yang ada di Rumah Sakit biasanya mengenakan masker, face shield, maupun alat pelindung diri (APD). Selain itu disediakan pula hand sanitizer maupun sabun cuci tangan. Tempat duduk untuk ruang registrasi, ruang tunggu, hingga ruang pemeriksaan biasanya pun sudah diatur saling terpisah sesuai dengan konsep physical distancing.

Tapi sikap kewaspadaan terhadap paparan Covid-19 ini tetap harus dimulai dari diri sendiri. Untuk itulah, kita perlu memperhatikan point penting tentang tips dan cara aman berobat di Rumah Sakit pada masa pandemi.

Berikut tips aman ke rumah sakit yang disampaikan oleh dr Lies Nugrohowati MARS dari RS Hermina Depok
1.gunakan transportasi yang aman
2. Ikuti skrining
3. Sesuaikan dengan tujuan
4. Mendaftar secara online
6. Telemedice
6. Home care

Dengan memperhatikan beberapa tips diatas, anda bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan saat membutuhkan layanan kesehatan. Hal yang tidak kalah penting tetap jaga pola hidup sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *