Malu-maluin! Media China Soroti Polemik TWK KPK: Semua Orang Tionghoa Sama Saja

Media SCMP soroti polemik TWK KPK dan menampilkan foto penyidik senior Novel Baswedan. /Reuters/

Hajinews — Polemik soal tes wawasan kebangsaan (TWK) bagi pegawai KPK tidak hanya menjadi pembahasan di Tanah Air.

Media China, South China Morning Post (SCMP) juga menyoroti kejanggalan pertanyaan TWK pegawai KPK. Media yang berbasis di Hong Kong itu memuat berita dengan foto penyidik senior Novel Baswedan.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Pemberitaan SCMP dimuat dengan judul ‘All Chinese are the same’: Indonesia’s ‘nationalism’ test for graft-busters sparks outrage atau ‘Semua orang Tionghoa adalah sama’: Ujian nasionalisme Indonesia untuk penghancur korupsi memicu kemarahan’. Artikel ini diunggah pada 4 Juni 2021.

“Puluhan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Indonesia menghadapi ancaman pemecatan setelah gagal dalam ujian “nasionalisme”,” tulis SCMP, dikutip Pikiranrakyat, pada Rabu, 9 Juni 2021.

Menurut media itu, langkah tersebut dapat merusak perang melawan korupsi di Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

“Sekitar 75 dari mereka, termasuk penyelidik senior, gagal. Ketua KPK (Firli Bahuri) kemudian mengatakan 51 dari mereka harus meninggalkan organisasi, sisanya harus mengikuti program pelatihan khusus. Pertanyaan tes kemudian bocor ke media dan menjadi viral, memicu kritik karena dianggap aneh dan bahkan menyinggung kelompok minoritas,” tambah SCMP.

Media China itu juga mengutip pemberitaan media Indonesia yakni ‘Pertanyaan Konyol dalam Tes Nasionalisme KPK’. Disebutkan ada pertanyaan konyol seperti Semua orang Tionghoa itu sama (setuju atau tidak?).

Selain itu ada pula pertanyaan konyol TWK KPK seperti ‘Apakah Anda akan menerima donor darah dari seseorang yang berbeda agama dengan Anda?’.

Artikel SCMP tersebut lantas dibagikan oleh Direktur Sosialisasi & Kampanye Antikorupsi KPK, Giri Suprapdiono melalui akun Twitternya.

Giri Suprapdiono merupakan salah satu dari 75 pegawai KPK yang tidak lolos dalam tes TWK.

“TWK sudah jadi konsumsi media dunia. Media RRC pun menyoroti TWK KPK ini. Gawat koh!,” tulis @girisuprapdiono pada Rabu, 9 Juni 2021.

Giri juga membagikan pemberitaan yang serupa dari media Singapura yakni Stratstimes.

“Dunia internasional tahu ini proses “overhaul KPK” dan penyingkiran 75 pegawai yang menjaga independensi dan integritas KPK,” tulis Giri sambil membagikan situs berita Straitstimes.(dbs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *