Hikmah Siang : 5 Pesan Penting Rasulullah SAW Bagi Wanita dalam Bergaul

 

 

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Hajinews.id – Allah SWT menciptakan manusia dalam dua jenis kelamin yaitu pria dan wanita. Dilahirkan sebagai wanita adalah sebuah anugerah yang sangat indah. Sebuah anugerah yang tidak dimiliki oleh pria sekalipun.

Anugerah tersebut akan semakin bertambah jika ia menjadi muslimah yang selalu beriman kepada Allah SWT. Akan tetapi menjadi muslimah tidaklah mudah, akan banyak sekali godaan yang menghampiri dalam pencapaiannya.

Terlebih lagi ketika memasuki masa remaja, godaan untuk menuju wanita muslimah sangatlah berat apabila mulai dari dini ia tidak diajarkan mengenal Allah SWT.

Salah satu godaan terbesar adalah ketertarikan kepada lawan jenis. Bukan hal yang mudah bagi remaja muslim untuk melewati masa ini. Namun, akan indah balasan Allah kepada wanita yang berhasil melewati masa ini.

Kekhawatiran tersebut juga dirasakan oleh Rasulullah SAW, sehingga beliau menitipkan pesan kepada kaum wanita dalam pergaulan hidupnya sehari-hari agar terhindar dari pergaulan yang dilarang dalam Islam.

Berikut 5 pesan Rasulullah SAW untuk kaum wanita dalam pergaulan, diantaranya:

1. Dilarang untuk Berkhalwat (Berdua-duaan)

Seperti yang kita ketahui pada zaman sekarang, seperti sudah tidak ada lagi batasan-batasan mengenai pergaulan yang diterapkan antara laki-laki dan perempuan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, mereka tidak lagi menjaga adab-adab dalam bergaul dengan lawan jenisnya.

Rasulullah SAW berpesan kepada umatnya agar tidak berdua-duaan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya. Karena jika mereka hanya berdua laki-laki dan perempuan, maka ketiga yang mendampinginya adalah setan.

Dari Umar bin Khattab RA berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah salah seorang diantara kalian berduaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya) karena setan adalah orang ketiganya, maka barang siapa yang bangga dengan kebaikannya dan sedih dengan keburukannya maka dia adalah seorang yang mukmin.” (HR. Ahmad)

2. Menundukkan Pandangan

Rasulullah SAW berpesan kepada wanita agar menjaga pandangannya. Hal tersebut bukan untuk wanita saja, namun juga untuk kaum laki-laki. Karena pandangan dua manusia yang berbeda jenis kelamin termasuk panah-panah setan.

Dari Jarir bin Abdullah RA, dia berkata:

“Aku bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai pandangan yang tidak di sengaja. Maka beliau memerintahkanku supaya memalingkan pandanganku.” (HR. Muslim)

3. Jaga Aurat Terhadap Lawan Jenis

Wanita adalah makhluk yang mulia, aurat yang harus dijaganya juga lebih banyak dibandingkan laki-laki. Untuk itu, janganlah sekali-kali memperlihatkan aurat kepada laki-laki yang bukan mahramnya. Gunakanlah pakaian yang lebar atau tidak membentuk tubuh, gunakan jilbab yang menjulur dan menutupi dada.

Adapun yang boleh diperlihatkan oleh wanita hanyalah kedua telapak tangan dan wajahnya, selebihnya adalah aurat yang tidak boleh diumbar-umbar.

“Wanita itu adalah aurat. Jika dia keluar maka setan akan memperindahnya di mata laki-laki.” (HR. Tirmidzi)

4. Tidak Boleh Ikhtilat

Ikhtilat artinya campur baurnya seorang wanita dan laki-laki dalam satu tempat dimana tanpa ada pembatas di antara mereka. Sehingga mereka bisa sesuka hati memandang lawan jenis yang sudah jelas tidak diperbolehkan.

5. Menjaga Kemaluan

Menjaga kemaluan bukanlah hal yang mudah pada saat ini, hal tersebut disebabkan banyaknya remaja yang sudah terjerumus di dalam pergaulan dan seks bebas.

Nah, itulah lima pesan Rasulullah kepada wanita di dalam pergaulannya. Sudah selayaknya sebagai seorang muslimah mentaati semua pesan Rasulullah SAW tersebut.

Sebagai wanita muslimah harus yakin bahwa kehormatannya harus tetap dijaga dan dirawat. Terlebih lagi saat berkomunikasi dan bergaul dengan lawan jenis, agar tidak menimbulkan bahaya bahkan fitnah.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *