Saudi Larang Warganya Masuk Indonesia, Fadli Zon: Terlihat Makin ‘Menakutkan’ bahkan di Negara Sahabat

Fadli Zon. (dok)

Hajinews — Anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Fadli Zon, bersuara mengenai adanya peringatan Arab Saudi yang melarang warganya untuk tidak bepergian ke negara yang masuk daftar larangan selama pandemi. Salah satunya adalah Indonesia. Dia menilai larangan ini mencerminkan bahwa Indonesia kini menjadi negara menakutkan.

“Indonesia makin ‘menakutkan’ bagi dunia termasuk negara sahabat sekali pun,” kata Fadli di Twitter pribadinya @fadlizon, Rabu (28/7/2021).

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Fadli Zon berpendapat hal ini terjadi lantaran adanya kepercayaan yang rendah untuk meyakini bahwa Indonesia bisa mengendalikan pandemi Covid-19.

“Tingkat kepercayaan pada pengendalian Covid-19 dinilai rendah, itu masalahnya. Perlu leadership dalam penanganan covid,” ujarnya. Cuitan Fadli Zon ini pun menuai komentar dari para netizen.

“Setidaknya anda bantu pemerintah kampanyekan protokol kesehatan dan edukasi masyarakat soal vaksinasi,” kata @ferry52745363.

“Gila. Sampe segitunya Arab Saudi sama warga nya (saking sayangnya sama WN nya),” ujar @AchmadYusmindar.

“Pemimpin di dunia baru paham seperti apa pemerintahan Indonesia saat ini,” tulis @fandi_vans.

Sebagai informasi, Arab Saudi pada Selasa (27/7/2021) memperingatkan warganya agar tak bepergian ke negara-negara yang masuk daftar larangan selama pandemi. Indonesia masuk dalam daftar larangan itu.

Bahkan, laporan kantor berita Saudi Press Agency mengatakan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menegaskan bagi mereka yang nekat melanggar aturan itu akan dilarang bepergian selama 3 tahun.

Dilansir dari Arab News, warga Saudi dilarang pergi ke Indonesia karena dikhawatirkan akan terpapar virus corona. Mereka yang saat ini berada di Tanah Air telah diperingatkan agar berhati-hati dan menjauh dari daerah dengan tingkat infeksi yang tinggi.

Pasalnya, Arab Saudi baru saja mengonfirmasi 10 kematian terkait Covid-19 pada Selasa (27/7/2021) sehingga jumlah kematian akibat Covid-19 di Arab Saudi total menjadi 8.189 orang. Sementara, 1.379 kasus baru terkonfirmasi di hari yang sama, sehingga total 520.774 orang pernah tertular wabah ini. Dari total angka infeksi tersebut, 1sebanyak 1.136 kasus masih aktif dan 1.419 dalam kondisi kritis.

Tak hanya Indonesia, otoritas Arab Saudi juga telah melarang perjalanan dari dan ke Uni Emirat Arab (UEA), Ethiopia, dan Vietnam atas kekhawatiran penyebaran varian yang lebih menular.

Indonesia makin “menakutkan” bagi dunia termasuk negara sahabat sekalipun. Tingkat kepercayaan pd pengendalian Covid-19 dinilai rendah, itu masalahnya. Perlu leadership dlm penanganan Covid. https://t.co/fVSsadCjX2— FADLI ZON (Youtube: Fadli Zon Official) (@fadlizon) July 28, 2021.(dbs)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *