Tegas! Erdogan Peringatkan Taliban Agar Tidak Memerangi Saudara Sebangsanya

Jakarta, Hajinews – Presiden Turki Tayyip Erdogan pada Senin mengatakan Taliban harus mengakhiri pendudukan saudara sebangsa dan mengecilkan peringatan dari kelompok militan tentang konsekuensi jika pasukan Turki tetap berada di Afganistan untuk mengoperasikan bandara Kabul.

Taliban memerintah Afganistan dengan tangan besi dari tahun 1996 hingga 2001 dan telah berjuang selama 20 tahun untuk menggulingkan pemerintah yang didukung Barat di Kabul dan menerapkan kembali pemerintahan Islam. Gerilyawan Taliban membuat membuat kemajuan sekarang untuk mendapatkan wilayah ketika pasukan asing menarik diri.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“(Taliban) harus mengakhiri pendudukan tanah saudara-saudara mereka dan menunjukkan kepada dunia bahwa perdamaian berlaku di Afganistan segera,” kata Erdogan kepada wartawan sebelum berangkat untuk perjalanan ke Siprus utara, dikutip dari Reuters, 19 Juli 2021.

Erdogan mengatakan pendekatan Taliban bukanlah cara umat Islam harus berurusan satu sama lain.

Turki, yang telah menawarkan untuk menjalankan dan menjaga bandara di ibu kota Afganistan setelah NATO menarik diri, telah melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat mengenai dukungan keuangan, politik dan logistik untuk penempatan tersebut.

Pekan lalu Taliban memperingatkan Turki jika tetap meninggalkan beberapa pasukan di Afganistan untuk menjalankan bandara, memperingatkan Turki akan menerima konsekuensinya.

“Dalam pernyataan yang dibuat oleh Taliban tidak ada frasa ‘Kami tidak menginginkan Turki’,” kata Erdogan ketika ditanya tentang komentar tersebut.

Secara terpisah, Erdogan mengatakan bahwa dia berharap untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden AS Joe Biden di Majelis Umum PBB tahun ini tentang masalah pengakuan internasional untuk Kosovo, dan akan mengusulkan kelompok kerja mengenai masalah tersebut untuk meningkatkan jumlah negara yang mengakuinya.(dbs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *