6 CEO Muslim Paling Kaya di Dunia & Indonesia, Lebih Kaya dari Bill Gates?

6 CEO Muslim Paling Kaya di Dunia & Indonesia, Lebih Kaya dari Bill Gates?
6 CEO Muslim Paling Kaya di Dunia & Indonesia, Lebih Kaya dari Bill Gates?
banner 400x400

Hajinews.id – Jika selama ini dunia bisnis diramaikan dengan deretan CEO terkaya di dunia yang didominasi oleh orang-orang negara barat di mana muslim masih menjadi kaum minoritas.

Tetapi ternyata ada juga, lho beberapa tokoh CEO muslim yang mendapat predikat serupa, geng.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Berkat usaha dan kerja keras yang dilakukannya lewat bendera perusahaan yang mereka miliki, akhirnya bisa mengantarkan mereka pada kesuksesan.

Penasaran siapa saja CEO muslim terkaya? Yuk, simak artikel selengkapnya mengenai CEO muslim paling kaya berikut ini.

CEO Muslim Paling Kaya di Dunia

Jika kamu berpikir umat muslim nggak bisa sesukses orang-orang negara barat sana, kamu salah banget, geng!

Buktinya beberapa orang berikut ini bisa kok membuktikannya lewat predikat CEO paling kaya di dunia. Penasaran? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini!

1. Pangeran Al-Waleed Bin Talal Alsaud

Pangeran Al-Waleed Bin Talal Alsaud

Al-Waleed bin Talal merupakan anggota keluarga kerajaan Saudi sekaligus salah satu pangeran terkaya di dunia.

Pria berkewarganegaraan Arab Saudi ini merupakan cucu dari pendiri Arab Saudi Raja Abdulaziz al-Saud, juga keponakan dari Raja Salman bin Abdulziz al-Saud.

Di balik nama besar keluarganya, Al-Waleed merupakan seorang pendiri dan CEO dari perusahaan investasi terkenal yaitu Kingdom Holding.

Melalui bendera perusahaan tersebut, Al-Waleed berinvestasi di sejumlah perusahaan ternama seperti Apple, Twitter, Citigrup, hotel Four Seasons, dan masih banyak lagi.

Banyaknya bidang usaha yang digeluti oleh pria kelahiran tahun 1955 ini membuatnya menjadi CEO muslim terkaya di dunia dengan total kekayaan bersih mencapai US$21.8 miliar atau setara dengan Rp314 triliun.

Sayangnya, akibat kasus korupsi yang menimpanya pada tahun 2017 lalu, nama Pangeran Al-Waleed sebagai salah satu miliarder Arab Saudi yang terpampang di situs Forbes kemudian dihapus, geng.

2. Aliko Dangote

Aliko Dangote

Aliko Dangote adalah seorang tokoh bisnis terkenal berkewarganegaraan Nigeria yang masuk ke dalam daftar CEO muslim terkaya di dunia, geng.

Aliko merupakan pemilik sekaligus CEO dari perusahaan Dangote Group yang bergerak di bidang komoditas dan memiliki daerah operasi di Nigeria dan sejumlah negara di benua Afrika.

Dari bisnis yang dijalaninya tersebut, Aliko berhasil masuk masuk peringkat orang terkaya ke-43 di dunia dan ke-1 di Afrika versi majalah Forbes.

Total nilai kekayaan bersih yang dimiliki oleh Aliko yaitu mencapai US$18.3 miliar atau sekitar Rp264 triliun.

Nggak lantas membuatnya lupa diri, Aliko juga terhitung rajin menyumbangkan sebagian kekayaannya ke beberapa badan amal yang bergerak di bidang penanganan banjir, layanan kesehatan, dan pengurangan kemiskinan lho.

Nah, patut dicontoh, nih, jangan kaya sedikit terus besoknya hura-hura, geng.

3. Azim Premji

Azim Premji

Azim Hashim Premji merupakan seorang pengusaha, investor, dan filantropis kelahiran Bombay, India.

Lewat perusahaan Wipro Limited yang dipimpinnya, Azim berhasil menjadi salah satu CEO muslim terkaya di dunia dengan nilai kekayaan mencapai US$3,7 miliar atau setara dengan Rp50 triliun lebih, geng.

Perusahaan yang dipimpinnya tersebut bergerak di bidang IT outsourcing, dengan layanan Business Process Outsourcing, Analytics and Information Management, dan Consulting Services.

Selain itu, perusahaannya itu pun menangani sejumlah klien ternama seperti Microsoft, Toshiba, ABB, dan Phillip Morris.

Nggak cuma jadi salah satu CEO muslim terkaya di dunia, Azim juga ternyata pernah dua kali masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh versi Majalah TIME lho, geng.

CEO Muslim Paling Kaya di Indonesia

Di Indonesia sendiri sebagai negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, tentunya ada lho beberapa CEO yang muslim yang kaya raya karena bisnisnya.

Hanya saja, para CEO muslim berikut ini menyandang predikat paling kaya di Indonesia, bukan dunia, geng.

Yuk, disimak siapa saja CEO muslim paling kaya di Indonesia siapa tahu ada bos kamu di kantor, ya, kan.

Oh, iya para CEO muslim terkaya di Indonesia ini berdasarkan versi Forbes pada tahun 2017, ya.

Hal itu karena di tahun 2019 sendiri hanya ada satu CEO muslim yang masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia, geng.

1. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung

Siapa di antara kamu yang suka menonton program acara di stasiun TV Trans?

Buat kamu yang belum tahu, Chairul Tanjung merupakan pemilik dari salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia, CT Corp.

Di bawah bendera CT Corp, Chairul juga bekerjasama dengan Turner Broadcasting untuk meluncurkan CNN Indonesia.

Kini perusahaan besar miliknya, CT Corp, menjadi perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Transcorp, Bank Mega, dan CT Global Resources.

Dengan nilai kekayaan bersih mencapai US$4.9 miliar atau setara dengan Rp70 triliun, Chairul menempati posisi keenam orang terkaya di Indonesia versi Forbes, geng.

Chairul Tanjung merupakan satu-satunya pengusaha Muslim yang masuk daftar orang terkaya dunia versi Forbes pada tahun 2019.

2. Aksa Mahmud

Aksa Mahmud

Pengusaha sekaligus politikus Indonesia kelahiran Sulawesi Selatan, Aksa Mahmud, dikenal luas sebagai pendiri dari perusahaan Bosowa Corp.

Lewat bendera perusahaannya tersebut, Aksa berhasil mengoperasikan 8 pabrik semen di Indonesia lho, geng.

Ketertarikannya terhadap material bahan bangunan dan konstruksi mulai berkembang semakin jauh ketika membangun jalan tol di Jawa dan Sulawesi sejak 1998.

Berkat bisnisnya suskesnya itu, Aksa mampu menduduki peringkat ke-38 dalam daftar 40 orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Total nilai kekeayaan yang dimiliki Aksa sebesar US$860 juta atau jika dirupiahkan yaitu sebesar Rp12 triliun.

Kekayaannya ini, sekaligus membuatnya menjadi salah satu CEO muslim terkaya di Indonesia, geng.

3. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir

CEO muslim terkaya di Indonesia terakhir adalah Garibaldi Thohir atau yang biasa dikenal dengan nama Boy Thohir.

Thohir merupakan seorang pengusaha tambang batu bara dengan bendera perusahaan Ardaro Energy. Perusahaan ini ia kembangkan bersama rekannya yaitu Edwin Soeryadjaya dan Theodore Permadi Rachmat.

Melalui bisnis batubaranya tersebut, Thohir dinobatkan sebagai orang terkaya peringkat ke-32 versi Forbes dengan total nilai kekayaan yaitu sebesar US$1.05 miliar atau sekitar Rp15 triliun.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa CEO muslim paling kaya yang berhasil berkat bisnis yang dijalankannya, geng.

Walaupun nilai kekayaannya nggak sebesar tokoh besar seperti Jeff Bezoz atau Bill Gates tapi hal ini tentunya sangat membanggakan umat muslim di seluruh dunia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *