Mohon Bersabar, Saudi Arabia Masih Masukkan Indonesia Dalam Daftar Suspend, Ketua MPR Minta Kemenlu Lakukan Diplomasi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo / Sumber Foto: tempo.co
banner 400x400

 

Jakarta, Hajinews.id – Saudi Arabia masih memasukkan Indonesia dalam daftar negara yang berstatus suspend (larangan penerbangan langsung) bersama sejumlah negara lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Terkait ini, Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Luar Negeri/Kemenlu dan Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah untuk terus melakukan upaya diplomasi.
“Kami meminta Kemenlu dan KJRI di Jeddah untuk terus melakukan upaya diplomasi dengan melobi dan menjalin komunikasi yang intens agar Pemerintah Arab Saudi memahami kondisi Indonesia saat ini dan segera mencabut larangan masuk bagi Indonesia,” kata Bamsoet, Rabu (15/9/2021.

Politisi Golkar ini juga berharap, Kementerian Agama agar dalam merampungkan revisi Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 719 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah pada Masa Pandemi Covid-19.

Dapat disesuaikan dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi agar dapat menjadi pedoman penyelenggaraan umrah, disamping tetap mengutamakan sisi keselamatan dan keamanan calon jamaah.

“Meminta Kemenkes untuk secara serius dalam menanggulangi dan menekan kasus Covid-19 di Tanah air dengan menetapkan program dan strategi ataupun kebijakan baru.,” katanya.

“Sehingga pemerintah Arab Saudi maupun pemerintah negara lainnya dapat melihat dan mengakui keseriusan Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi ini,” tegasnya.

Bamsoet juga mengimbau masyarakat, khususnya calon jamaah untuk bersabar menunggu keputusan ataupun informasi terbaru terkait penyelenggaraan ibadah haji/umrah, disamping terus menyempurnakan dosis vaksin Covid-19 sebagai salah satu syarat penting yang harus dipenuhi calon jamaah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *