Waspada! 9 Tanda Bahaya Masa Nifas, Bisa Mengancam Jiwa

banner 400x400

 

Hajinews.id – Pasca melahirkan, ada kalanya menjadi masa kritis bagi seorang Bunda. Itu sebabnya, Bunda harus memahami tanda bahaya masa nifas.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Untuk meminimalisir risiko pasca melahirkan, Bunda bisa mencari tahu tanda bahaya saat masa nifas. Apa saja tanda-tandanya dan kapan harus segera ke dokter. Masa nifas sendiri, biasanya berlangsung selama kurang lebih 40 hari ya, Bunda.

Melansir dari laman What to Expect, sangat normal untuk merasa tidak nyaman pada beberapa hari atau minggu setelah melewati kehamilan dan persalinan. Bunda akan mengalami perdarahan pasca persalinan atau dikenal sebagai lochia.

Kondisi ini akan dialami Bunda baik yang melahirkan secara normal atau menjalani operasi caesar. Tetapi, gejala lain bisa muncul dan menjadi tanda komplikasi berbahaya, seperti perdarahan pasca persalinan parah, trombosis vena dalam, atau bahkan masalah jantung.

Lantas bagaimana Bunda bisa membedakan ketidaknyamanan pasca melahirkan yang normal dari sesuatu yang lebih serius dan berbahaya? Cari tahu dan perhatikan tanda-tanda peringatannya ya Bunda.

“Dari demam, perdarahan hebat, hingga sakit kepala parah, ini adalah gejala pasca persalinan yang tidak boleh Bunda abaikan, ini bisa menjadi tanda peringatan dari kondisi yang lebih serius,” kata James Greenberg, M.D, dokter kandungan dan ginekolog umum bersertifikat dan menjabat sebagai Wakil Ketua Departemen Obstetri & Ginekologi di Brigham and Women’s Hospital di Boston, Massachusetts.

Bunda harus waspada dengan beberapa tanda bahaya dalam masa nifas pasca persalinan Bunda. Apa saja tanda-tanda bahaya tersebut? Melansir dari laman Mayo Clinic, segera hubungi dokter ketika mengalami tanda-tanda berikut:

Sakit dada

Pernapasan terhambat atau sesak napas

Kejang

Muncul pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau bayi

Perdarahan banyak, yang ditandai dengan lebih dari satu pembalut per jam atau keluar gumpalan darah seukuran telur atau lebih besar

Sayatan operasi sesar yang tidak kunjung sembuh

Kaki merah atau bengkak yang terasa sakit atau hangat saat disentuh

Suhu tubuh 38 derajat selsius atau lebih tinggi

Sakit kepala yang tidak kunjung sembuh. Bahkan setelah minum obat, atau sakit kepala parah dengan perubahan penglihatan.

Simak juga yuk, faktor penyebab tanda bahaya saat masa nifas berikut ini.

Usia lebih dari 40

Kegemukan

Memiliki tekanan darah tinggi, termasuk masalah tekanan darah tinggi yang berhubungan dengan kehamilan seperti preeklamsia

Memiliki diabetes gestasional

Memiliki riwayat merokok

Mengalami sleep apnea obstruktif

Memiliki riwayat persalinan prematur atau riwayat keluarga dengan penyakit jantung

Paparan obat kardiotoksik

Ibu kulit hitam non-Hispanik juga memiliki risiko lebih tinggi untuk kondisi ini.

Nah, jika Bunda memiliki salah satu tanda di atas sebaiknya rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan ya, baik sebelum dan selama kehamilan agar tak menyebabkan bahaya pada masa nifas.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *