Bersumpah Dalam Bisnis Hilangkan Barakah

Bersumpah Dalam Bisnis Hilangkan Barakah
KH Luthfi Bashori

Oleh: KH Luthfi Bashori

Hajinews.id – Tidak jarang terjadi di kalangan para pedagang yang kerap bersumpah untuk meyakinkan para pembeli, terutama terkait dengan kualitas barang dagangannya, atau dengan harga miring yang ditawarkannya, tentunya dengan tujuan agar para pembeli itu memutuskan membeli darinya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Menurut Rasulullah SAW, “Sumpah itu dapat melariskan dagangan, tetapi dapat melenyapkan kebarakahan dan laba.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim).

Ternyata banyak bersumpah dalam berjual beli, sekalipun dapat melariskan jualan, tetapi dapat melenyapkan kebarakahan dan labanya.

Kebarakahan dalam berdagang itu, adalah berkembangnya laba hingga dapat menambah besar bisnis yang digelutinya. Sebaliknya, perdagangan yang tidak berbarakah adalah, bisnis yang kerap merugi dan cenderung terus merosot, hingga tidak dapat mengembangkan perniagaannya.

Karena itu jauhilah bersumpah dalam jual beli, terlebih jika sumpahnya adalah sumpah palsu, di samping dapat melenyapkan barakah dan laba, juga dapat membangkrutkan usaha, selain dari dosa besar yang dilakukan karena sumpah dustanya itu.

Perdagangan yang dilakukan secara jujur, ikhlas, apa adanya dan tidak menipu serta tidak mengumbar sumpah, maka Allah yang akan mengirim barakah dalam bisnisnya hingga dapat berkembang di kemudian hari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *