Muktamar Nasional Rabithah Alawiyah, Ma’ruf Amin: Umat Islam Jangan Terjebak Kekuasaan

Jakarta, Hajinews.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara virtual membuka Muktamar Nasional Rabithah Alawiyah ke-25 yang diselenggarakan di Hotel Menara Peninsula, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (3/12/2021) malam. Muktamar kali ini mengangkat tema “Ukhuwah untuk Kejayaan Umat”.

“Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim, Muktamar Nasional Rabithah Alawiyah ke-25 tahun 2021 secara resmi saya nyatakan dibuka. Semoga Allah SWT selalu memberikan inayah-Nya dan meridhoi semua ikhtiar yang kita lakukan,” ujar Ma’ruf Amin dalam tayangan video.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Dalam pembukaan Muktamar Nasional Rabithah Alawiyah ini juga hadir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Ketua MPR Arsul Sani. Anies dan Arsul mewakili Wapres Ma’ruf memukul beduk sebagai tanda dibukannya Muktamar Nasional Rabithah Alawiyah ke-25.

Ma’ruf Amin menyebutkan, umat Islam hendaknya jangan terjebak pada kekuasaan. Kekuasaan hanya kewenangan Allah (khotwah rabbaniyah). Sedangkan tugas kita sebagai pewaris para nabi adalah meneruskan khotwah nabawiyah, yaitu melakukan perbaikan islahul ummah,” ucapnya.

Ma’ruf Amin menjelaskan, kunci keberhasilan umat Islam adalah membangun ukhuwah Islamiyah dengan mengesampingkan perbedaan. Sebab perbedaan itu adalah keniscayaan.

Indonesia merupakan negara yang majemuk sesuai dengan kesepakatan-kesepakatan yang dibuat oleh para pendiri bangsa termasuk ulama. “Maka, kita harus tetap menjaga kesepakatan itu dengan menjaga ukhuwah wataniyah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Rabithah Alawiyah Habib Zein bin Umar bin Smith mengungkapkan, sebenarnya pergantian kepengurusan ini dijadwalkan pada Agustus 2021 lalu. Namun, karena kasus Covid-19 pada Juli 2021 sedang tinggi, akhirnya diundur pada 3 Desember 2021. Adapun Muktamar ke-25 berlangsung selama tiga hari dari Jumat (3/12) hingga Minggu (5/12).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *