Inilah Senjata 6 Busur Panah Milik Rasulullah SAW

Busur Panah Milik Rasulullah SAW
Busur Panah Milik Rasulullah SAW
banner 400x400

Hajinews.idRASULULLAH SAW memiliki beberapa busur panah. Seperti diketahui, Rasulullah SAW dan para sahabat memiliki kemampuan memanah yang mumpuni. Sebagai seorang ksatria, Rasulullah ﷺ merupakan sosok yang terampil dalam seni berperang.

Diriwayatkan dalam kitab berjudul Al-Maghazy karya Ibnu Ishaq, bahwa Rasulullah SAW pernah memanah hingga siyah busurnya patah dalam Perang Uhud. Hal itu sebagaimana diungkap Irvan Setiawan Mappaseng, penulis buku Seni Memanah: Dari Zaman Nabi ﷺ Hingga Dinasti Utsmaniyah, sebagaimana dikutip dalam tayangan Youtube Republika Official.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Ashim bin ‘Umar bin Qatadah telah bercerita kepadaku, bahwa Rasulullah SAW telah memanah dengan busur beliau pada Perang Uhud hingga patah siyahnya. Lalu, Qatadah memungutnya, maka sejak saat itu busur tersebut ada bersamanya. Busur itu bernama Al-Katum,” kata Irvan yang juga merupakan pendiri Perkumpulan Panahan Berkuda Indonesia (KPBI) di Republika Ngaji.

“Kalau siyah bagian ujung busurnya yang mengikat tali. Itu sampai patah,” lanjutnya.

Adapun 6 busur yang dimiliki Rasulullah SAW sebagaimana disampaikan Ibnu Qoyyim Al Jauziyyah dalam kitab Zadul Ma’ad pada bab persenjataan dan perabotan milik Rasulullah SAW , adalah sebagai berikut:

  1. Az-Zawra
  2. Rawha
  3. As Safra
  4. Al Baydha
  5. As Saddad
  6. Al Katum

Al Katum  adalah busur yang siyahnya patah pada saat Perang Uhud  dan diambil oleh Qatadah seperti telah disebutkan pada penjelasan di atas.

Menurut Irvan, beragam jenis busur tersebut jika dianalogikan pada khasanah persenjataan zaman sekarang punya karakteristik masing-masing. Contohnya, jika sekarang ada senapan serbu ada yang khusus untuk menembak target tertentu. Begitupula dengan busur dengan karakter yang berbeda.

“Busurpun juga sama. Ada yang kaku tetapi dia hujamannya tajam, hujamannya kencang. Ada yang lembut tetapi akurat. Khasanah perbedaan busur disana,” jelas dia.

Irvan pun menjelaskan, ada latar belakang mengapa Rasulullah SAW memilih panah-panah tersebut. Rasulullah SAW hidup di hijaz yang merupakan daerah kosmopolitan. Oleh karena itu, Rasulullah SAW memiliki pengetahuan persenjataan yang global bukan lokal.

Rasulullah SAW logis mana peralatan yang terbaik dan terjaga rahasianya itu yang digunakan,”tambah dia. []

SUMBER: YOUTUBE

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *