Luar Biasa Canggih! Ternyata Arab Saudi Bikin Tenaga Surya Baru, Mampu Hasilkan Air Minum

Arab Saudi Bikin Tenaga Surya
Arab Saudi Bikin Tenaga Surya
banner 400x400
Hajinews.id Arab Saudi mengkalim berhasil menciptakan sistem tenaga surya yang mampu menghasilkan dua sumber daya penting, yaitu energi dan air bersih. Teknologi ini dibuat oleh Peng Wang, seorang ilmuwan lingkungan di Universitas Sains dan Teknologi King Abdullah (KAUST).

Melansir dari laman Extreme Tech, Senin (9/5/2022), Wang dibesarkan di desa Cina Barat tanpa air mengalir, sehingga untuk mendapatkan air, ia dan keluarganya harus mengambil dari sumur komunal.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Oleh karena itulah ia memutuskan eksperimen ini yang dibantu oleh tim ahli biologi dan insinyur untuk meningkatkan efisiensi panel surya.

Cara kerja sistem ini bergantung pada gel berbasis air, atau hidrogel dengan menggabungkannya dengan garam. Sehingga mampu untuk menyerap uap air dari udara sekitarnya.

Secara khusus Wang memilih CaCl2, garam yang murah dan ramah lingkungan. Para ilmuwan menciptakan perangkat “mudah dirakit di rumah” menggunakan cakram hidrogel di bawah sinar matahari, sehingga menghasilkan 20 gram (atau 0,7 ons) air dalam rentang dua setengah jam.

Kemudian, jika hidrogel sudah efektif, mereka mulai menerapkan gel ke bagian belakang panel surya. Lalu mereka memasang ruang logam untuk mengumpulkan air.

Nantinya pasokan air ini dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti menyiram tanaman, menghidrasi manusia dan hewan.

Adanya sistem ini, akan sangat membantu dan memenuhi kebutuhan air bersih bagi daerah terpencil yang kekurangan air bersih.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *