Disebutkan dalam Al-Quran, Ini 5 Tanaman Pembawa Rezeki dalam Islam

Tanaman Pembawa Rezeki
Tanaman Pembawa Rezeki
banner 400x400
Hajinews.idSeluruh aspek kehidupan umat manusia sudah dijelaskan secara terperinci dalam Al-Quran. Itulah mengapa Al-Quran dijadikan sebagai sumber pengetahuan dan kunci ilmu kehidupan bagi umat Muslim.

Tak hanya mengenai surga, neraka, bahkan cara mendapatkan pahala. Ternyata Al-Quran juga turut menjelaskan tentang tanaman hias di dalamnya.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Ada banyak jenis tanaman hias yang disebutkan dalam Al-Quran. Beberapa di antaranya bahkan dikatakan bisa membawa keberuntungan dalam berbagai bentuk.

Tak hanya disebutkan dalam Al-Quran, beberapa jenis tanaman hias juga dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Diketahui, dahulu Rasul menggunakan tanaman-tanaman hias sebagai sumber obat-obatan penunjang kesehatan dalam tubuh.

Jenis tanaman hias pembawa rezeki

Setidaknya ada lima jenis tanaman hias pembaca rezeki dalam Islam yang disebutkan oleh Al-Quran dan Nabi Muhammad. Melansir dari laman The National News, berikut ini deretannya.

1. Lidah buaya

Anda pasti tahu ya, lidah buaya adalah salah satu tanaman hias yang memiliki banyak manfaat. Saat ini, sudah banyak ditemukan lidah buaya dalam produk-produk kosmetik, perawatan rambut, pasta gigi sampai obat kumur.

Khasiat penyembuhan yang ada pada tanaman lidah buaya dapat bermanfaat untuk mengobati kulit yang terbakar, ruam dan iritasi kulit. Selain itu, jus dari tanaman ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan lho.

2. Tanaman kurma

Tanaman kurma atau Phoenix dactylifera diketahui bisa membawa banyak rezeki. Tak hanya itu, buahnya juga terasa manis dn kenyal.

Manfaat kurma untuk kesehatan juga banyak. Di antaranya sebagai sumber penambah energi, membantu melancarkan pencernaan, mengurangi risiko penyakit stroke dan jantung, serta buah yang bagus untuk anda konsumsi saat diet karena kaya akan vitamin dan mineral.

Berikut bunyi ayat Al-Qur’an yang menyebutkan pohon kurma:

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,” (QS. Maryam 26).

3. Pohon pisang

Pohon pisang atau Musa paradisiaca menghasilkan buah pisang yang dianggap sebagai buah surga lho. Selain itu, pisang juga dikenal sebagai makanan filsuf karena saat dikonsumsi, pisang dapat mengaktifkan pikiran dan merangsang memori.

Pisang juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh. Manfaat kesehatan dari pisang antara lain dapat menurunkan berat badan dan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Pohon pisang telah disebutkan dalam ayat Al-Qur’an yang berbunyi:

“Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),” (QS Al-Waqi’ah 29).

4. Pohon anggur

Pohon anggur atau Vitis vinifera adalah jenis tanaman hias yang tumbuh secara merambat. Meskipun tidak berbunga cantik, pohon ini menghasilkan buah anggur yang segar dan nikmat.

Buah anggur dapat membantu melancarkan pencernaan, mendorong produksi darah serta dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Ayat Al-Qur’an yang menyebutkan mengenai pohon anggur tertuang dalam surat Al-Isra’ ayat 91. Berikut bunyi ayatnya ya:

“Atau engkau mempunyai sebuah kebun kurma dan anggur, lalu engkau alirkan di celah-celahnya sungai yang deras alirannya,” (QR Al-Isra’ 91).

5. Pohon zaitun

Pohon zaitun atau Olea europaea adalah pohon yang paling sering di tanam di wilayah Timur Tengah. Pohonnya menghasilkan buah dengan nama yang sama yaitu zaitun. Nah, buah zaitun adalah buah yang telah disebutkan berkali-kali dalam Al-Qur’an.

Buah zaitun bisa dinikmati dengan semua jenis makanan atau dibuat menjadi minyak. Manfaat dari buah ini dapat membantu memecah batu ginjal, mengurangi diabetes dan rematik, serta sebagai buah penambah nafsu makan.

Salah satu firman Allah SWT yang menyebutkan tentang pohon zaitun tertuang dalam surat An-Nahl ayat 11. Berikut bunyinya:

“Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir,” (QS. An-Nahl 11).

Anda berminat menanam tanaman pembawa rezeki menurut Islam ini di rumah? Semoga informasinya bermanfaat ya!

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *