Sungai Kautsar dalam Surah Al Kautsar

Surah Al Kautsar
Surah Al Kautsar
banner 400x400

Hajinews.id – Surah Al Kautsar merupakan surat ke 108 dalam Al Quran. Surat ini hanya terdiri dari 3 ayat dan diturunkan di Mekkah, sehingga disebut dengan surat Makkiyah. Al Kautsar berarti nikmat yang banyak. Allah SWT mengaitkan surat ini dengan telaga Al Kautsar bagi penghuni surga.

Surat ini merupakan perintah melaksanakan salat dan berkorban karena Allah SWT. Allah SWT menjanjikan kenikmatan kepada orang yang beriman.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Surah Al Kautsar merupakan surat ke 14 yang turun kepada Rasulullah SAW, setelah Surah Al Adiyat dan At Takasur. Terkadang, surat ini disebut dengan Surah An Nahr yang diambil dari ayat ke 2.

Berkaitan dengan turunnya surah Al Kautsar, Rasulullah SAW bersabda: “Al Kautsar adalah sebuah sungai (telaga) yang diberikan kepadaku oleh Tuhanku di dalam surga. Padanya terdapat kebaikan yang baik. Umatku kelak akan mendatanginya di hari kiamat. Jumlah wadah-wadah (bejana-bejana)nya sama dengan bilangan bintang-bintang. Diusir darinya seseorang hamba, maka aku berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya dia dari umatku.” Maka dikatakan, “Sesungguhnya kamu tidak mengetahui apa yang telah dibuat-buatnya sesudahmu.” (HR. Ahmad dan Shahih).

Asbabun Nuzul turunnya Surah Al Kautsar adalah saat Ash bin Wail menghina Rasulullah sebagai orang yang terputus karena putra beliau meninggal.

Sehingga nasabnya terputus. Allah SWT pun memberikan surat ini sebagai kabar gembira bahwa Ash bin Wail lah yang terputus. Allah SWT telah menjelaskan bahwa ialah yang terputus sehingga Rasulullah SAW tenang.

Surat ini merupakan mukjizat kepada Rasulullah SAW dan bukti kebenaran agama Islam.

Siapa pun yang membenci Rasulullah SAW, maka ia pun terputus dari kebaikan dan rahmat Allah SWT. Di akhirat kelak ia tidak akan bisa minum dari telaga kautsar.

Berikut bunyi surah Al Kautsar:

1.       inn a’ainkal-kauar

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.

2.       fa alli lirabbika wan-ar

Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.

3.       inna syni`aka huwal-abtar

Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.

Demikian penjelasan tentang surah Al Kautsar. Surah Al Kautsar merupakan surat Makkiyah yang menjelaskan tentang kenikmatan dari Allah SWT kepada orang yang beriman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *