Buka Kongres Halal Internasional, Wapres: Ikhtiar Majukan Ekonomi Syariah

 

Jakarta, Hajinews.id– Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin resmi membuka Kongres Halal Internasional (KHI) 2022. Dalam kesempatan itu, Wapres mengatakan ini merupakan ikhtiar untuk menuju produsen halal terbesar secara Global.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Kongres Halal Internasional Tahun 2022 secara resmi saya nyatakan dibuka,” kata Wapres dalam sambutannya saat membuka Kongres Halal Internasional (KHI) di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Selasa (14/6/2022).

“Kongres Halal Internasional di Bangka Belitung ini adalah salah satu ikhtiar untuk memajukan sektor ekonomi dan keuangan syariah di dalam negeri, sekaligus juga mempromosikan konsep-konsep ekonomi syariah negara kita agar semakin diminati oleh masyarakat dunia,” papar Wapres.

Wapres yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan pemerintah mengundang para pelaku ekonomi dan keuangan syariah Indonesia untuk memperkokoh kerja sama yang saling menguntungkan dengan negara-negara sahabat, dalam pengembangan industri halal, pariwisata halal, serta bisnis halal lainnya.

“Indonesia memiliki potensi besar di sektor halal, antara lain karena ditunjang oleh pasar produk halal yang besar,” kata Wapres.

Wapres juga mengungkapkan bahwa kongres internasional ini juga menjadi kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan sistem sertifikasi halal dan logo halal Indonesia.

Selain itu, kata Wapres, kerja sama Saling Pengakuan Sertifikasi Halal dengan negara lain akan semakin meningkatkan perdagangan produk halal antar negara.

“Saya juga mengharapkan penguatan kerja sama di bidang riset dan inovasi, baik dalam pemeriksaan kehalalan produk maupun dalam menemukan substitusi produk halal lokal, khususnya yang menggunakan teknologi mutakhir,” paparnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *