Inilah Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Gula Darah Naik Secara Drastis

Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Gula Darah Naik
Kurang Makan serat
Hajinews.id – Masalah kenaikan gula darah tak boleh disepelekan, terutama jika terjadi di usia muda dan memiliki riwayat keluarga dengan diabetes. Sehari-hari mungkin Kita tak mengonsumsi hidangan atau minuman manis, tapi gula darah jika diperiksa hasilnya tetap tinggi.

Hal ini biasanya karena beberapa kondisi yang sering tak disadari. Ada kebiasaan yang sering dilakukan bisa meningkatkan gula darah secara signifikan. Apa saja?

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Makan karbohidrat berlebihan

Ini adalah kesalahan paling umum yang banyak dilakukan, yaitu mengonsumsi porsi karbohidrat cukup tinggi. Baik itu dari nasi, pasta, terigu dan sumber karborhidrat lainnya.

Untuk mengontrol gula darah agar tidak naik dengan cepat, penting untuk menggabungkan karbohidrat dengan beberapa nutrisi lain seperti protein, serat, dan lemak. Hanya makan karbohidrat akan melepaskan gula ke dalam aliran darah dan tidak akan ada penambahan nutrisi. Jika menu karbohidrat dikombinasikan dengan nutrisi lain akan memperlambat proses pelepasan gula dalam aliran darah karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna nutrisi ini.

Kurang makan serat

Ketika mengonsumsi sedikit serat akan cenderung meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Jumlah asupan serat harian berbeda antara pria wanita. Untuk pria dewasa rata-rata, asupan serat harus antara 30-38 gram, sedangkan wanita dewasa harus mengonsumsi antara 21-25 gram serat.

Serat adalah salah satu nutrisi yang tidak hanya mengurangi kadar gula darah dalam tubuh tetapi juga meningkatkan kesehatan pencernaan sekaligus menurunkan risiko beberapa penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

Camilan tinggi gula

Nah, kebiasaan makan ini adalah sesuatu yang kebanyakan dari kita mungkin tidak tahu. Ada beberapa makanan yang mengandung gula tersembunyi di dalamnya. Dari buah hingga sayuran dan bahkan sereal, serta yoghurt rendah lemak yang kita konsumsi memiliki gula tersembunyi di dalamnya.

Saat konsumsi asupan harian dengan gula terlalu banyak dan kita tak menyadarinya, ini akan memicu kenaikan kadar gula darah. Setiap kali membeli makanan kemasan, selalu lihat label nutrisi dan daftar bahannya. Ini dapat membantu memahami makanan mana yang mengandung gula tersembunyi di dalamnya.

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *