Waduh! 3 Bansos Ini Diperkirakan Berakhir Tahun 2022 dan Tidak Dilanjutkan Tahun Depan, Yuk Simak Apa Saja!

Ilustrasi BLT Rp 2,4 juta untu guru honorer. Foto: Dok Pixabay

Hajinews.id – Simak tiga bantuan sosial atau bansos yang diperkirakan akan berakhir tahun 2022 dan tidak dilanjutkan pada tahun 2023!

Bantuan Sosial atau bansos 2022 menjadi program unggulan pemerintah yang dilaksanakan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

Bacaan Lainnya
banner 400x400

Ada berbagai program bansos 2022 yang dibentuk oleh pemerintah untuk membantu masyarakat kecil yang membutuhkan.

Beberapa jenis program bantuan sosial atau bansos 2022 yang ada antara lain adalah PKH, BPNT, BST, BLT Dana Desa, BLT BBM, Bantuan Pendidikan, dan masih banyak lagi.

Semua program bansos 2022 tersebut dialokasikan untuk keluarga penerima manfaat atau KPM secara berkala dan berkelanjutan.

Hingga mendekati saat-saat terakhir dari tahun 2022 ini, beberapa program bansos atau bantuan sosial masih dalam proses distribusi.

Dalam hal ini, PT Pos Indonesia ditunjuk sebagai pihak yang mendapatkan tugas untuk mendistribusikan bansos 2022 atas arahan Kementerian Sosial.

Bersama dengan pemerintah melalui Kementerian Sosial, PT Pos Indonesia atau Himbara telah memasuki tahap akhir dalam penyaluran bantuan sosial tahun 2022 ini.

Dari berbagai jenis bantuan sosial, ada tiga bansos 2022 yang akan berakhir pada bulan Desember tahun ini.

Sementara itu, daftar anggaran dari bansos berkelanjutan tersebut belum bisa dipastikan untuk tahun 2023 nanti.

Lalu, apa saja bansos 2022 yang akan berakhir dan belum ada kemungkinan untuk dilanjutkan tahun 2023?

Dikutip ayojakarta.com dari kanal YouTube Dunsanak Mreal pada Senin (28/11/2022), berikut bansos yang akan berhenti dan belum dianggarkan untuk tahun depan!

Bansos subsidi BBM merupakan sebuah program yang bersifat komplementer atau pelengkap bagi para penerima bansos 2022, yaitu KPM PKH dan KPM BNPT.

Pada periode 2023 nanti, kemungkinan besar 20,65 juta keluarga penerima manfaat bantuan ini tidak bisa lagi menerima insentifnya.

Selanjutnya, ada bansos berupa bantuan subsidi upah yang diperuntukan bagi pekerja aktif yang bergabung dalam keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji maksimum Rp 3,5 juta.

Bantuan yang dialokasikan untuk 16 juta pekerja di Indonesia ini juga akan berhenti pada akhir tahun 2022 dan belum mendapat anggaran untuk tahun 2023.

Bansos 2022 yang akan berakhir selanjutnya pada tahun ini adalah BLT DD atau Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang diperuntukan bagi masyarakat pedesaan.

Sebelumnya, bantuan ini dibuat untuk disalurkan kepada masyarakat yang belum mendapat bantuan dari Kemensos.

Mendekati penghujung tahun, belum ada informasi lebih lanjut tentang anggaran bansos BLT DD ini pada tahun 2023 nanti.

Itulah informasi yang dapat kami berikan berkaitan dengan bantuan sosial atau bansos yang akan berakhir pada tahun 2022 ini dan kemungkinan tidak berlanjut di tahun depan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *